Maskapai dengan Layanan Terbang bersama Hewan Peliharaan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 18:53 WIB
Maskapai dengan Layanan Terbang bersama Hewan Peliharaan Ilustrasi. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Membawa hewan peliharaan ketika berwisata kerap dianggap merepotkan. Sehingga tak heran jika jasa penitipan hewan jadi pertimbangan ketika hendak berwisata.

Namun tak jarang jasa penitipan justru berujung celaka. Pada akhirnya membawa hewan peliharaan ketika berwisata atau memilih untuk tak berwisata jadi pilihannya.

Dikutip dari The Points Guy dan Airfare Watchdog, sebanyak 40,7 persen wisatawan dunia memilih untuk menerbangkan hewan peliharaan karena tak bisa atau tak ingin meninggalkannya.


Sesungguhnya terbang dengan hewan peliharaan tak melulu merepotkan. Berikut adalah beberapa maskapai penerbangan dengan regulasi muatan hewan peliharaan terbaik:

1. Delta Air Lines

Salah satu penumpang penerbangan Delta Air Lines dari Texas ke Hawaii mengaku puas dengan layanan muatan hewan peliharaan yang ditawarkan maskapai ini.

Penumpang dapat membawa hewan peliharaan melalui bagasi pesawat atau langsung ke dalam kabin sesuai regulasi yang telah ditentukan.

Biaya yang dibebankan ketika membawa satu ekor hewan peliharaan berkisar dari US$75 (sekitar Rp 1,1 juta) sampai US$200 (sekitar Rp2,9 juta), tergantung tujuan penerbangan.

2. Southwest Airlines

Bersama maskapai penerbangan Southwest Airlines, penumpang dapat membawa hewan peliharaan dalam perjalanan dengan biaya sebesar US$95 (sekitar Rp1,4 juta) per ekor.

Karena hewan tak diperbolehkan melakukan perjalanan di bagasi pesawat, hanya hewan berukuran kecil yang diperbolehkan terbang bersama Southwest Airlines.

Umur minimal yang diperbolehkan bagi hewan peliharaan adalah delapan minggu.

3. American Airlines

Selama tak lebih dari 12 jam hewan peliharaan diperbolehkan terbang bersama American Airlines sebagai bagasi barang atau bagasi kabin.

Layanan ini dapat diperoleh dengan US$125 (sekitar Rp1,8 juta) per ekor.

Bagi penumpang kelas bisnis, hewan peliharaan harus dimasukkan ke dalam kandang dan disimpan di bagian depan pesawat selama lepas landas, pendaratan dan turbulensi.

4. United Airlines

Tak seperti maskapai penerangan pada umumnya, United Airlines adalah satu-satunya maskapai yang memperbolehkan penerbangan dalam kabin bagi anjing atau kucing yang sedang mengalami gangguan kesehatan.

Di samping itu hewan berukuran kecil seperti kelinci hingga burung juga diperbolehkan melakukan perjalanan dengan biaya sebesar US$125 (Rp1,8 juta) per ekor.

Usia minimal yang diperbolehkan adalah delapan minggu untuk penerbangan domestik dan 16 minggu untuk penerbangan internasional.

5. Alaska Airlines

Dengan kapasitas maksimum dua hewan dalam satu penerbangan, Alaska Airlines menawarkan layanan muatan hewan seharga US$100 (sekitar Rp1,4) per ekor.

Hewan dapat dibawa sebagai barang bagasi maupun barang kabin dengan minimum umur delapan minggu.

6. JetBlue

Selain penerbangan ke Jamaika, Trinidad dan Tobago, Barbados, St. Lucia dan Kepulauan Cayman, JetBlue memiliki layanan muatan hewan peliharaan paling praktis ketimbang maskapai lain.

Ketika terbang bersama JetBlue, penumpang dapat langsung memesan dan membayar biaya perjalanan hewan peliharaan dalam rencana perjalanan.

Layanan ini juga dilengkapi dengan program JetPaws yang meliputi bimbingan etika penerbanan hewan peliharaan, penanda tas bawaan dan 300 poin setiap penerbangan bersama peliharaan.

7. Allegiant Air

Allegiant Air merupakan satu-satunya maskapai yang memperbolahkan anak di bawah umur (di atas 15 tahun) terbang dengan hewan peliharaan.

Dengan menambah biaya sebesar US$100 (Rp1,4 juta) per ekor, hewan peliharaan dapat dibawa sebagai bawaan di dalam kabin.

Di samping itu, Allegiant Air juga tidak menetapkan usia minimum bagi hewan peliharaan di dalam penerbangan.

(ard)