Jalur Pendakian Baru di Chile Melintasi 17 Taman Nasional

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 20:15 WIB
Jalur Pendakian Baru di Chile Melintasi 17 Taman Nasional Pemandangan dari kawasan Antofagasta, Chile. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sarat akan objek wisata alam dengan pemandangan mengesankan, Chile kerap menjadi incaran para pendaki yang ingin menaklukan gagahnya pegunungan Amerika Selatan.

Demi menambah jumlah kunjungan turis, tahun ini Chile menyuguhkan jalur pendakian baru.

Mengutip Travel and Leisure pada Rabu (3/10), jalur pendakian baru itu diberi nama Parks of Patagonia, yang membentang sejauh 2.800 kilometer dan menghubungkan 17 taman nasional sekitarnya.


Jalur ini dimulai dari Puerto Montt di Distrik Danau Chile, hingga Cape Horn di Kepulauan Tierra del Fuego.

Taman Nasional Torres del Paine merupakan salah satu di antara 17 taman nasional yang dilintasi jalur pendakian.

Di dalam taman nasional ini, pendaki dapat menjumpai berbagai objek wisata alam seperti gunung es dan gletser.

Tak hanya menghubungkan belasan taman nasional, jalur pendakian juga melintasi tiga wilayah berbeda dengan total lahan terlindung sebesar 11,5 hektare.

Di samping itu, jalur pendakian juga menjadi 24 ekosistem yang menjadi habitat 140 spesies burung dan 46 spesies mamalia.

Sebagian besar dari spesies yang berhabitat di sana masuk dalam golongan fauna terancam punah.

Carolina Morgago, selaku direktur eksekutif Tompkins Conservation Chile, menyatakan jalur ini adalah upaya penempatan Chile sebagai negara yang unggul dalam pariwisata alam dan menjadi contoh konservasi alam.

Tompkins Conservation sendiri telah memberikan donasi tanah kepada pemerintah Chile yang kini dijadikan lokasi lima taman nasional pada 2017.

Beberapa di antaranya menjadi bagian dari Jalur Pendakian Parks of Patagonia.

(fey/ard)