Louis Vuitton Rancang Koper 'Pengangkut' Lukisan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/10/2018 07:22 WIB
Louis Vuitton Rancang Koper 'Pengangkut' Lukisan Ilustrasi Louis Vuitton (REUTERS/Gleb Garanich)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah mahakarya perlu dijaga agar keindahannya bisa dinikmati oleh generasi mendatang. Tak cuma dibiarkan 'bersemedi' di dalam museum, karya seni juga perlu dibawa melanglang buana ke penjuru dunia demi makna karya yang tersampaikan.

Namun, proses 'pengangkutan' karya seni ke berbagai negara itu kerap bermasalah. Kualitas pengiriman yang kurang memadai tak jarang membuat lecet sejumlah karya seni, khususnya lukisan.

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Rijksmuseum menggandeng rumah mode Louis Vuitton untuk merancang dan mengembangkan 'pengangkut' dalam bentuk koper yang aman untuk sebuah lukisan.



Museum di Amsterdam, Belanda ini berencana mengangkut lukisan "The Milkmaid" karya Johanner Vermeet ke Ueno Royal Museum, Tokyo, Jepang. Lukisan ini bakal mejeng di gelaran "Making the Difference: Vermeer and Dutch Art" pada 3 Februari 2019.

Sebelumnya, lukisan ini nyaris tak pernah meninggalkan Amsterdam. Hanya pada 2009 lalu ia berkunjung ke Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat.

"The Milkmaid" akan meluncur ke Tokyo dengan koper yang didesain Louis Vuitton.

"Koper adalah yang paling utama dan punya fungsi paling umum," tulis Patrick-Louis Vuitton dalam buku 'Louis Vuitton: 100 Legendary Trunks' dilansir dari Vogue.


LV seolah konsisten mendesain barang yang fungsional dengan tetap fashionable. Pada 1905, rumah mode Prancis ini merancang 'kotak kasur' untuk penjelajah berdarah Italia-Prancis, Pierre Savorgnan de Brazza. Koper rancangan LV itu dapat dibuka dan dijadikan kasur saat bepergian.

Tak cuma itu. LV juga sempat mengambil peluang saat balon udara tengah naik daun pada awal abad ke-20. Kala itu, LV merancang 'koper udara'. Koper itu disematkan pada balon udara sehingga memudahkan mereka yang melakukan perjalanan dengan balon. Koper dirancang oleh makelar koleksi seni Paris, Rene Gimpel, sepupu George Vuitton.

Sebelum ini, LV juga turut serta dalam gelaran Piala Dunia 2018 dengan rancangan sebuah kotak mewah tempat penyimpanan piala ajang sepak bola bergengsi itu. (els/asr)