Negara Favorit untuk Wisatawan 'Berkepala' Lima

Tim , CNN Indonesia | Rabu, 10/10/2018 20:01 WIB
Negara Favorit untuk Wisatawan 'Berkepala' Lima Ilustrasi wisatawan di Jepang. (Foto: AFP PHOTO / Quentin Tyberghien)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beberapa tahun terakhir tren berwisata sedang menjangkiti kalangan milenial. Atraksi wisata pun disulap dan dimodifikasi untuk memuaskan hasrat para remaja.

Namun nampaknya tidak banyak negara yang membidik wisatawan berusia matang, sebagai segmen mereka.

Padahal menurut pettits travel, pengeluaran mereka untuk berwisata lebih banyak 2,2 miliar pound sterling (atau sekitar Rp43,9 triliun) ketimbang kaum milenial.



Bahkan sebuah studi di Inggris menyebutkan, pengeluaran orang yang memasuki kelapa lima atau usia 50 tahunan untuk berwisata meningkat sebanyak 58 persen.

Ada beberapa hal yang membuat mereka mau menghabiskan lebih banyak uang untuk berwisata seperti pemandangan alam, pengalaman bertemu dengan sesuatu yang baru, wisata sejarah, aktivitas yang terorganisir, dan pastinya keselamatan.

Biasanya wisatawan berkepala lima melakukan kegiatan wisata dengan rombongan, sehingga pengeluaran pun menjadi lebih banyak. 

Bersumber pada faktor-faktor tersebut, tak heran jika Jepang keluar sebagai 'juara pertama' dalam urutan negara favorit untuk wisatawan berusia 50 tahunan.

Jepang adalah negara yang cerdas memadukan unsur-unsur modern dan tradisional, hal ini bisa dilihat dari desain kota yang futuristis, namun siapapun masih bisa melihat kuil, gunung, hingga museum. Rasa bosan hampir tidak bisa menghinggapi wisatawan yang berkunjung ke negara ini.


Selain itu, faktor keamanan di Jepang pun cukup terjamin. Wisatawan juga tak perlu meragukan soal manajemen waktu, karena transportasi umum di Jepang sangat bisa diandalkan. Kedispilinan dan tepat waktu adalah budaya Jepang.

Tak hanya Jepang, beberapa negara di dunia juga menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan berusia 50 tahunan.

Indonesia pun masuk dalam daftar yang disusun oleh Saga Travel tentang Silver Years Travel Index (SYTI), namun Indonesia hanya berada di peringkat 39 bersama dengan Irlandia, Siprus, dan Sri Lanka, dengan skor 27.

Berikut daftar 10 besar negara favorit untuk wisatawan berusia 50 tahunan:

1. Jepang (skor SYTI: 38)
2. Jerman (skor SYTI: 37)
3. Italia (skor SYTI: 36)
4. Swis (skor SYTI: 35)
4. Kroasia (skor SYTI: 35)
4. Spanyol (skor SYTI: 35)
4. China (skor SYTI: 35)
8. Portugal (skor SYTI: 34)
8. Kanada (skor SYTI: 34)
8. Perancis (skor SYTI: 34)

(ard)