Hari Pasta Sedunia

Resep Lezat Spaghetti Meatball Klasik

CNN Indonesia | Kamis, 25/10/2018 15:56 WIB
Resep Lezat Spaghetti Meatball Klasik Spaghetti meatball (Istockphoto/svariophoto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanggal 25 Oktober diperingati sebagai Hari Pasta Sedunia. Tanggal ini diperingati sebagai hari pasta sejak tahun 1995.

Mengutip Days of the Year, saat itu diselenggarakan sebuah kongres pasta dunia untuk berdiskusi tentang kejayaan mi dan pentingnya dunia mengenali pasta.

Hari Pasta Sedunia ini digunakan untuk mempromosikan makan pasta, dan juga mengetahui budaya serta kulinernya.



Seperti diketahui, pasta memang makanan asli Italia. Namun ini tak berarti kalau Anda tak bisa membuatnya sendiri di rumah. Mengutip Independent, berikut resep olahan pasta klasik spaghetti meatball yang bisa Anda buat sendiri.

Bahan:
360 gram spaghetti

Bahan Meatball:
75 gram roti tawar
140 ml susu tawar
500 gram daging giling
1 buah bawang bombai, cincang halus
1/8 sdt bubuk pala
2 sdt garam
1/2 sdt bubuk lada hitam
1 butir telur
3 sdm parsley cincang
35 gram keju parmesan parut

Bahan saus:
3 sdm olive oil
2 siung bawang putih cincang
400 gram tomat kaleng
300 gram pasta tomat kalengan (passata)
garam, gula, dan lada secukupnya


Cara membuat:
1. Meatball: sobek roti tawar sampai ke ukuran kecil dalam wadah berisi susu. Diamkan sebentar sampai roti menyerap susu. Gunakan garpu dan haluskan roti.
2. Tambahakan semua bahan meatball ke dalamnya. Gunakan garpu dan campur semuanya sampai rata. Ambil sedikit adonan kemudian bentuk bulat dengan kedua tangan.
3. Olesi tangan dengan minyak jika adonan lengket. Kemudian diamkan bola daging dalam lemari es sambil menunggu membuat saus.
4. Ambil wajan, tambahkan olive oil. Tumis bawang putih sampai harum dan lembut.
5. Tambahkan tomat kalengan dan passata ke dalamnya. Aduk rata. Bumbui dengan garam, lada, dan gula. Diamkan 15 menit sampai mendidih.
6. Kecilkan api, masukkan meatball ke dalam saus. pastikan saus dan daging matang sempurna. Matikan api ketika saus sudah mulai mendidih.
7. Ambil spaghetti dan rebus sampai matang al dente.
8. Sajikan spaghetti dalam piring kemudian tuangkan saus dan meatball. Tambahkan parsley dan keju parmesan. Sajikan. (chs)