Seminggu Main Game Ponsel, Jari Wanita China 'Lumpuh' Sesaat

CNN Indonesia | Senin, 29/10/2018 18:33 WIB
Seminggu Main Game Ponsel, Jari Wanita China 'Lumpuh' Sesaat ilustrasi main game (Istockphoto/LDProd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa Anda suka bermain game di ponsel? Tampaknya kebiasaan ini perlu dievaluasi lagi.

Seorang wanita China dilaporkan mengalami gangguan kesehatan setelah seminggu tak berhenti bermain game di ponselnya. 

Wanita asal Chnagsa, Provinsi Hunan ini tak pernah dari ponsel kecuali saat tidur. 



Dikutip dari Oddity Central, wanita yang enggan disebut namanya ini diketahui mengambil cuti seminggu dari tempat kerjanya. Namun rupanya, cuti seminggu ini dihabiskannya untuk bermain game di ponsel.

Setelah beberapa hari bermain game, ia merasakan rasa sakit di tangan sebelah kanan. Bukan berhenti, ia masih nekat melanjutkan permainan hingga ia menyadari bahwa jarinya tak bisa digerakkan lagi. dalam posisi memegang ponsel. 

Dia pun memeriksakan kondisinya pada rumah sakit terdekat. Setelah menjalani pemeriksaan dan melakukan sejumlah tes, dokter mendiagnosis ia mengalami tenosynovitis. Tenosynovitis merupakan peradangan selubung tendon atau synovium pada bagian dasar ibu jari. 

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketegangan dari penggunaan sendi secara berulang dan berlebihan. Pada kasus wanita China tersebut, dia memegang ponsel berjam-jam seharian dan diulang selama beberapa hari. 


Beruntung jari tangan wanita ini dapat dipulihkan dan ia dapat menggerakkannya lagi. 

Belajar dari kejadian ini, dokter memperingatkan bahwa gejala tenosynovitis bisa bervariasi pada setiap orang. Dokter pun mengingatkan para pengguna ponsel untuk mengambil waktu sejenak dan membiarkan sendi-sendi jari beristirahat. 

Kasus aneh terkait penggunaan ponsel di China tak hanya sekali ini terjadi. Sebelumnya tahun lalu seorang wanita dilaporkan mengalami kebutaan pada salah satu mata setelah bermain ponsel selama berjam-jam dalam beberapa hari.

Ada pula seorang pria yang mengalami kelumpuhan mendadak pada empat anggota tubuhnya setelah terus-terusan bermain ponsel selama dua hari. (els/chs)