Mandalika Tebarkan Pesona di CFD Jakarta

Kemenpar, CNN Indonesia | Jumat, 16/11/2018 17:44 WIB
Mandalika Tebarkan Pesona di CFD Jakarta Ilustrasi. (Foto: kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali mengoptimalkan fungsi Car Free Day (CFD) di akhir pekan dengan menghadirkan destinasi super prioritas Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Warna warni terbaik dari pariwisata Indonesia kembali dihadirkan dalam CFD Jakarta, Minggu (18/11), pukul 06.00-11.00 WIB. Eksotisnya Pantai Mandalika bisa dinikmati di Park & Ride Thamrin 10 atau samping Hotel Sari Pacific, Jakarta.



Dengan semangat #NTBbangunDiCarFreeDayJKT, ada beragam kegembiraan yang ditebarkan. Mulai dari games, parade seni budaya, hingga talkshow berkualitas.

"CFD Jakarta pekan ini pasti semakin spesial. Setelah destinasi Danau Toba, kini giliran Mandalika yang memamerkan keindahannya. Meski sempat terkena musibah gempa, tapi Mandalika ini tetap eksotis," kata Ketua Tim Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib, Jumat (16/11)

Membaur dengan kegembiraan warga Jakarta, Mandalika pun sudah menyiapkan beragam detail sajian terbaik. Rencananya, acara ini akan dimulai pukul 06.00 WIB dan dibuka dengan Fun Zumba. Kemudian ada flashmob Tari Gandrung dan dilanjutkan sekapur sirih dari Kemenpar.

Inspirasi benar-benar diberikan Mandalika melalui bincang-bincang dengan melibatkan influencer, di antaranya adalah artis Ben Joshua. 


Kesan terbaik dan keramahan Mandalika akan diteruskan dengan parade seni budaya khas NTB, di antaranya Tari Kadanda, Nguri, Rudat, Gandrung Lombok, dan Lenggo. Ada juga Tari Wura Bongi Monca, Oncer, Sere, hingga Gendang Beleq. 


Person in Charge (PIC) Mandalika Larasati Sedyaningsih menerangkan bahwa acara itu akan menampilkan konten terbaik selama berada di CFD Jakarta.

Demi menebarkan kegembiraan secara penuh, Mandalika pun akan membagikan banyak doorprize. Selain itu, beragam kuliner pun akan disajikan di tempat yang menarik untuk difoto.

"Jakarta adalah kota yang penting. Di Jakarta ini juga ada banyak wisman yang berkunjung. Dengan melakukan promosi di Jakarta, kami berharap mereka tertarik dan datang langsung ke Mandalika. Dan kami juga menampilkan komposisi konten yang unik," terang Larasati.

Dipilihnya Jakarta sebagai branding memang cukup efektif. Sebab, Jakarta merupakan gerbang masuk terbesar ke-2 setelah Bali. Sepanjang 2017, Jakarta sudah disinggahi 2,75 juta wisman. Angka ini naik 5,61 persen dari 2016 yang berjumlah 2,6 juta.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun menuturkan bahwa Mandalika memang memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan kunjungan wisman yang ada di Jakarta.

"Melakukan branding di Jakarta sangat strategis. Pembiayaannya ringan tapi efektivitasnya besar. Ada banyak wisman di Jakarta ini. Dengan melihat profil dari Mandalika melalui CFD, kami yakin mereka tertarik," kata dia. 






(mle/egp)