Palestina Diserbu Turis yang Ingin Liburan Natal

REUTERS, CNN Indonesia | Rabu, 12/12/2018 10:28 WIB
Palestina Diserbu Turis yang Ingin Liburan Natal Turis berfoto di Gereja Kelahiran Yesus di Betlehem, Palestina. (REUTERS/Raneen Sawafta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liburan Natal pada tahun ini merupakan masa paling menguntungkan dalam catatan sejarah industri pariwisata kota Betlehem, seperti yang dikatakan oleh Kementerian Pariwisata Palestina pada Senin (10/12).

Keuntungan tersebut didapat dari tingginya angka pemesanan hotel di destinasi wisata religi tersebut.

Di tahun ini juga angka kunjungan turis kembali meningkat, setelah sempat turun sejak tahun 2015 akibat konflik yang terjadi.


Hingga pekan ini kerumunan turis masih terlihat mengular di kawasan Manger Square dan Gereja Kelahiran Yesus, lokasi yang diyakini umat Kristen menjadi tempat kelahiran Yesus.

Jalanan juga telah dihiasi oleh dekorasi khas Natal, salah satunya ialah Pohon Natal setinggi 16 meter yang ditempatkan di Manger Square.

"Palestina belum pernah menerima jumlah kunjungan sebanyak tahun ini," kata Menteri Pariwisata Palestina Rula Ma'ayah seperti yang dikutip dari Reuters.

"Terutama di kota seperti Bethlehem, pariwisata menggembirakan sektor perekonomian kami."

Tingkat hunian hotel di Bethlehem diperkirakan akan melebihi 95 persen pada akhir Desember, kata asosiasi perhotelan kota itu.

"Seluruh kamar hampir habis dipesan untuk musim liburan Natal," kata Wissam Salsa, Manajer Walled Off Hotel, hotel di Bethlehem yang dirancang oleh seniman jalanan Inggris, Banksy.

"Tapi hotel kami memang laku sepanjang tahun," tambah Salsa.

Walled Off Hotel memiliki pemandangan langsung ke tembok pemisah antara Betlehem dan Yerusalem yang dibangun oleh Israel.

Tembok pemisah ini tak juga mengurangi konflik antara Israel dan Palestina, sehingga pembangunan Walled Off Hotel menjadi kritik sosial yang coba diutarakan Banksy.

Betlehem atau Bethlehem adalah sebuah kota Palestina di Tepi Barat sarat akan budaya, sejarah dan objek wisata.

Selain Manger Square dan Gereja Kelahiran Yesus, sejumlah objek wisata yang ramai didatangi turis ialah Gereja St. Catherine, Milk Grotto, Hebron, Biara Mar Saba, Museum Old Bethlehem, Lapangan Shepherd Herodium dan Pusat Kebudayaan Palestina.

[Gambas:Instagram]
(ard)