Cepat Tidur Kurang dari 1 Menit dengan Metode 4-7-8

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 00:03 WIB
Cepat Tidur Kurang dari 1 Menit dengan Metode 4-7-8 Ilustrasi tidur (Istockphoto/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian orang di zaman kiwari, tidur nyenyak adalah sesuatu yang sulit dicapai. Ragam hal jadi penyebabnya. Namun, kebanyakan insomnia disebabkan oleh pikiran atau stres harian yang membuat otak tak berhenti berpikir.

Padahal, secara ideal, sepertiga hari dari manusia seyogianya dihabiskan untuk tidur. Akibat insomnia, tubuh jadi lemas dan tak bergairah di keesokan hari. Tak hanya itu, kurang tidur juga berisiko membuat seseorang terserang gangguan kesehatan kronis.

Namun, Anda tak perlu khawatir, sebuah teknik pernapasan disebut ampuh membuat penderita insomnia tidur dalam waktu kurang dari satu menit. Metode ini melibatkan pernapasan dan suara-suara kecil yang dikeluarkan mulut.


Metode ini dikenal dengan terapi 4-7-8. Sang pelopor, ahli kesehatan holistik Andrew Weil, mengklaim bahwa teknik ini bekerja dengan menenangkan pikiran dan mengendurkan otot yang tegang.

Dalam metode ini, seseorang hanya perlu menghirup napas dengan pelan melalui hidung dan mengembuskannya melalui mulut dengan suara mendesis. Weil menggambarkannya sebagai 'obat penenang alami untuk sistem saraf'.

"Ini akan sangat menyenangkan. Anda mungkin tidak akan langsung tertidur dalam satu kali percobaan, tapi rasakan manfaat berlatih teknik ini," ujar Weil, mengutip The Telegraph. Seseorang bisa mencobanya secara berulang sebanyak dua hingga empat kali.

Metode 4-7-8 memungkinkan paru-paru terisi penuh dengan udara, memungkinkan lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Kedua hal ini, kata Weil, mampu menciptakan keadaan tenang.

"Ini benar-benar sederhana. Tidak memerlukan waktu banyak, tidak ada perlatan yang dibutuhkan, dan dapat dilakukan di mana saja," kata Weil.

Tak hanya membantu agar cepat tertidur, metode 4-7-8 juga bisa digunakan untuk mengendalikan amarah. Selain itu, teknik ini juga dapat meningkatkan pencernaan dan menurunkan tingkat stres.

Mengutip Healthline, metode ini merupakan pola pernapasan yang didasarkan pada teknik yoga yang disebut 'pranayama'. 'Pranayama' sendiri berarti regulasi napas.

Teknik asal India itu membantu para praktisi yoga mendapatkan kendali atas pernapasan mereka. Jika dilatih secara teratur, teknik ini dapat membantu seseorang tertidur dalam waktu lebih singkat.

Mengambil napas dalam-dalam telah terbukti memengaruhi jantung, otak, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa latihan pernapasan pranayama memberikan dampak langsng terhadap perubahan tekanan darah.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam metode 4-7-8:

1. Tarik napas lalu buang dengan suara mendesing melalui mulut.
2. Tarik napas melalui hidung selama empat detik.
3. Tahan napas selama tujuh detik.
4. Buang napas melalui mulut dengan suara berdesing selama delapan detik.

Napas yang tertahan selama tujuh detik merupakan bagian terpenting dalam metode ini. Anda dianjurkan untuk melakukannya sebanyak empat kali secara berulang pada percobaan pertama. (asr/asr)