Choupette, Kucing 'Artis' Kesayangan Karl Lagerfeld

CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 18:22 WIB
Choupette, Kucing 'Artis' Kesayangan Karl Lagerfeld Karl Lagerfeld dan Choupette, kucing kesayangannya. (Joël SAGET / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada satu sosok yang selalu menemani Karl Lagerfeld ke mana pun dan di mana pun. Dia adalah Choupette, kucing ras feline berwarna putih kesayangan sang legenda.

Jangan bayangkan Choupette sama saja dengan kucing yang Anda pelihara di rumah. Choupette bukan kucing biasa. Dia adalah kucing mewah yang dimanjakan oleh beragam fasilitas.

Pertemuan Lagerfeld dengan Choupette terjadi secara kebetulan. Awalnya, Choupette adalah kucing milik model Baptiste Giabiconi. Karena kudu melakoni perjalanan dinas, Giabiconi menitipkan kucingnya pada Lagerfeld pada 2011 lalu.


"Dan setelah dia [Giabiconi] kembali dua minggu kemudian, saya bilang 'maaf, Choupette akan tinggal'," ujar desainer berdarah Jerman ini pada People sekitar 2013 lalu.

Memiliki kucing peliharaan tak membuat Lagerfeld kerepotan. Choupette baginya adalah kucing yang lucu, ramah, dan menyenangkan.

"Dia memiliki ketenangan yang baik. Tapi kualitas utamanya adalah bahwa dia tak bisa berbicara," ujar Lagerfeld mengutip Standard.

Menjadi peliharaan seorang desainer rumah mode sekelas Chanel tak pelak membuat Choupette kecipratan gaya hidup mewah Lagerfeld. Dalam sebuah kesempatan wawancara, Lagerfeld berkata bahwa kucingnya memiliki beberapa asisten.

Saat tidur, kata Lagerfeld, Choupette tak mau sendirian. Si kucing layaknya seorang 'lady' yang harus selalu bertemankan asisten pribadi.

Urusan makan, Choupette juga tak pernah menyicip Whiskas atau Felix. Semua makanan yang dilahap dibuat oleh koki pribadi, Patrice. Sang koki biasa menyiapkan menu liver pate (hati ayam cacah dengan butter), ayam, dan asparagus serta ikan segar.

Semua menu makanan disajikan pada peralatan makan berbahan perak buatan Goyard, sebuah perusahaan barang mewah di Perancis.

Jika tak makan di rumah, si kucing kadang diajak untuk menikmati masakan restoran fine dining Prancis. Binatang lain mungkin bakal diusir jika masuk restoran semacam ini, tetapi tidak dengan Choupette. Dikutip dari Daily Mail, tak akan ada pramusaji yang akan berkata 'casse toi' alias 'pergilah' padanya.

Tak hanya diperhatikan dari segi makanan, sang kucing juga dimanjakan dengan disisir sebanyak empat kali dalam sehari.

Lagerfeld pun memperhatikan kesehatan Choupette. Ia menjaga agar Choupette memiliki berat badan ideal 3,5 kilogram untuk kucing seusianya.

"Dia ke dokter sebulan sekali (klinik dr Horn yang populer dan dekat dengan Dior) meski dia akan merajuk dengan orang yang akan mengambilnya tiga hari kemudian. Tetapi dia paling benci dipotong kukunya. Itulah mengapa saya tidak pernah melakukan apapun pada cakarnya," kata Lagerfeld dikutip dari Numero.

Jadi model

Choupette diklaim sang pemilik sebagai kucing paling terkenal di dunia. Mungkin klaim ini tak sekadar omong kosong, sebab Choupette memang terkenal.

Choupette memulai debutnya sebagai model pada 2013 saat muncul di sampul majalah Harper's Bazaar. Nama Choupette meroket dan mampu menghasilkan 3 juta euro dari iklan mobil Jerman dan kampanye kecantikan produk Shu Uemura.

Namun, yang paling diingat publik adalah ketika Choupette tampil di majalah Vogue edisi September 2015. Choupette tampil satu bingkai dengan Kendall Jenner. Selain itu, dia juga pernah tampil dipeluk model Gisele Bundchen pada sampul majalah Vogue Brasil.

Sebagai kucing merangkap selebriti, Choupette jelas memiliki penggemar. Bahkan ia memiliki akun Instagram @choupettesdiary dan blog pribadi dengan lebih dari 100 ribu pengikut.

Akun ini diolah oleh konsultan pemasaran digital, Ashley Tschudin. Terkadang, dia merasa kesulitan untuk memperoleh konten orisinil demi mengisi akun media sosial sang kucing karena tidak mendapat akses untuk mendekati Choupette.

Kepergian Lagerfeld membawa kesedihan pada Choupette. Dalam sebuah pernyataan, dia akan melakukan yang terbaik dan berharap para fan dan pengikutnya di media sosial tetap mendukung dan mencintainya.

"Saya begitu bersyukur untuk hidup dan cinta yang dia berikan melalui adopsi. Saya tidak akan pernah melupakan momen bersama saat melakukan perjalanan, eksplorasi ide, dan mencipta karya," tulis Choupette dalam laman blog-nya. (els/asr)