Polandia Tawarkan Pendidikan Kelas Dunia Tanpa Terlilit Utang

CNN Indonesia | Minggu, 17/03/2019 08:39 WIB
Polandia Tawarkan Pendidikan Kelas Dunia Tanpa Terlilit Utang Warsawa di Polandia. (Foto: Pixabay/Websi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polandia menawarkan pendidikan kelas dunia tanpa terlilit utang seumur hidup seperti pendidikan di luar negeri pada umumnya.

Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska mengatakan pendidikan tinggi di negara lain memiliki biaya besar sehingga Polandia menawarkan alternatif. Menurutnya alternatif itu adalah pendidikan berstandar Eropa dengan akses teknologi yang mutakhir dan biaya pun tak sampai sepersepuluh ongkos pendidikan di AS atau negara Eropa lainnya.

Stoczynska menuturkan bidang yang ditawarkan pun bervariasi untuk menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia. Hal itu dimulai dari IT, telekomunikasi, teknik ruang angkasa, navigasi maritim, rekayasa kapal, energi terbarukan, sampai pengelolaan limbah.


Dia juga menyatakan dukungan pendidikan macam ini sebaiknya mendapat sokongan dari pemerintah daerah. Pengusaha pun, kata Stoczynska, dapat berkontribusi dalam hal ini.

"Ada alternatif lain untuk menempuh pendidikan kelas dunia tanpa harus terlilit hutang seumur hidup," katanya. "Biaya pendidikan di Polandia tidak sampai sepersepuluh biaya di negara barat lain," katanya dalam keterangan pers, Minggu (17/3).

Sehingga, kata dia, dengan biaya pendidikan yang sama dengan negara lainnya, maka jumlah calon mahasiswa akan lebih besar untuk mengakses pendidikan di Polandia.


Hasil Nyata

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia Peter F. Gontha mengatakan tiap provinsi di Indonesia yang mendirikan beasiswa ke Polandia dapat mengharapkan hasil nyata, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Dia menegaskan dalam waktu 2-3 tahun sejak beasiswa didirikan, lulusan Polandia akan kembali ke kampung halaman membawa ilmu dan pengetahuan mereka.

"Seiring ilmu dan pengetahuan yang terakumulasi tersebut, Indonesia akan mendapatkan peningkatan besar aset sumber daya manusia, yang akan menghasilkan peningkatan pertumbuhan lebih lanjut," kata Peter.

Terkait dengan hal yang berbau Polandia, ada Polska Festival yang digelar pada 18-24 Maret di PIK Avenue, Jakarta Utara. Dalam festival itu, terdapat kesempatan untuk mencicipi makanan maupun minuman dari Polandia, eksibisi foto dan karya seni, serta pemutaran film. Informasi lebih lanjut bisa diakses di tautan www.polskafestival.com. (asa/asa)