ULASAN FASHION

Gelombang Busana 'Hijrah' Perempuan Modern ala Si.Se.Sa

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 10:40 WIB
Gelombang Busana 'Hijrah' Perempuan Modern ala Si.Se.Sa Peragaan busana koleksi
Jakarta, CNN Indonesia -- Gelombang hijrah semakin meriah. Tak cuma urusan perubahan sikap, tapi hijrah juga merasuk ke dalam pilihan berpakaian.

Kiwari, fenomena hijrah dengan mengenakan hijab dan busana tertutup kian diminati. Fenomena itulah yang membuat label si.se.sa mempresentasikan koleksi teranyarnya bertajuk "The Journey".

The Journey berarti perjalanan atau hijrah. Mengambil ide hijrah, label kolaborasi desainer kakak beradik ini menyuguhkan busana yang sesuai dengan kaidah agama Islam, tapi tetap gaya dan modis. Tiga bersaudara Siris Tentani, Senaz Nasansia, dan Sansa Enandera ini meracik ragam pilihan busana syar'i untuk perempuan modern yang kian disibukkan dengan ragam aktivitas.


Dalam peragaan tahunan kali keempatnya, si.se.sa menghadirkan 80 tampilan busana dari koleksi "The Journey". Koleksi itu terbagi ke dalam sembilan pilihan aktivitas. Busana ini dapat dikenakan sesuai kegiatan dan tentu saja, selera.

"Kami berharap, koleksi kami dapat menjadi dorongan agar istikamah dalam mengenakan pakaian tertutup. Bagi mereka yang baru, menjadi tambah mantap berhijab. Bagi yang sudah lama berhijab, akan mendapat tawaran baru untuk tampil kian bergaya," kata Creative Director si.se.sa Sansa Enandera, dalam konferensi pers saat peragaan busana di The Tribrata, Jakarta, Selasa (19/3).

Sesuai dengan ketentuan Islam, busana syar'i mesti memiliki potongan yang longgar, tertutup, dan tidak tembus pandang. Busana itu dipadukan dengan jilbab panjang atau khimar yang juga mesti menutupi bagian dada.

Pada koleksi ready-to-wear, si.se.sa memberikan pilihan gaya yang dinamis dari bahan ringan macam sifon, jersey, dan crepe. Koleksi ini didominasi warna pastel yang senada seperti oranye, biru, merah muda, dan cokelat muda. Potongan khimar diberi kreasi dan detail yang lebih kekinian.

Peragaan busana koleksi Peragaan busana koleksi "The Journey" dari Si.Se.Sa di The Tribata, Jakarta, Selasa (19/3). (Dok. Tim Muara Bagja)

Peragaan busana si.se.sa kini berganti pada seperangkat alat salat. Koleksi anyar yang baru diperkenalkan pada peragaan kali ini, menampilkan mukena berbahan halus yang diberikan frills lengkap dengan sajadah. Delapan set mukena yang dipamerkan memiliki corak, aksen, serta renda yang variatif.

Selain salat, label ini juga merancang busana khusus untuk ibadah umrah dan haji. Untuk aktivitas ibadah yang panjang ini, si.se.sa menawarkan busana bergaya boxy dan lurus agar lebih praktis. Khimar pun dibuat khusus berkaret agar dapat langsung diselubungkan, tapi tetap nyaman dan rapi.

Sekuen berikutnya, si.se.sa menghadirkan busana syar'i untuk berolahraga. Kali ini, inspirasi datang dari arena balap mobil. Corak khas F1 seperti bendera hitam putih saat balapan dimulai, beragam emblem, dengan bis garis yang timbul mendominasi koleksi olahraga ini. Khimar pun dibuat dengan potongan pada bahu agar tangan leluasa bergerak.

Koleksi pun beralih pada gaya streetwear. Busana ini dibubuhkan di atas kain denim, kaus, dan rajut. Terusan lurus, sweater, dan ritsleting bukaan depan menghiasi koleksi ini.

Peragaan busana koleksi Peragaan busana koleksi "The Journey" dari Si.Se.Sa di The Tribata, Jakarta, Selasa (19/3). (Dok. Tim Muara Bagja)

Untuk pilihan acara yang lebih glamor, si.se.sa menawarkan koleksi tulle, black diamond, couture, dan kebaya. Koleksi tulle, tentu saja dibubuhi dengan kain tulle yang diolah dengan anggun dan mewah. Gaun kembang dan juga ber-layer jadi ciri khas koleksi ini.

Pada black diamond, gaun hitam longgar dibuat dengan bermacam gaya. Agar tak monoton, gaun hitam itu dibubuhkan kristal Swarovski yang menyala-nyala agar terlihat semakin mewah.

Tiga busana couture khas gala semakin memeriahkan suasana. Pada koleksi ini, khimar dipadukan detail permainan pada bagian lengan dengan gaun bergaya ball gown.


Untuk pertama kalinya pula si.se.sa menghadirkan kebaya syar'i yang terdiri dari padanan kain batik dengan khimar. Kebaya kutubaru dibuat dengan potongan panjang dan longgar. Bahan brokat, beludru dengan siluet A-line dan batik motif parang mengisi kebaya syar'i ini.

Selain busana, si.se.sa juga menghadirkan koleksi tas tangan premium yang dibuat langsung di Italia. Tas ini terbuat dari kulit asli dengan empat model yang masing-masing terdiri dalam enam warna yakni hitam, biru dongker, abu-abu, ungu, beige, dan peach.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)