6 Manfaat Hebat Tertawa untuk Kesehatan

CNN Indonesia | Senin, 01/04/2019 16:58 WIB
6 Manfaat Hebat Tertawa untuk Kesehatan ilustrasi tertawa (Pixabay/Greyerbaby)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang! Meme ini kembali muncul saat debat Calon Presiden Indonesia yang keempat antara Jokowi dengan Prabowo Subianto pada Sabtu (29/3) lalu.

Tertawa, pada dasarnya punya banyak manfaat. Kata orang, tertawa bisa jadi obat paling murah untuk berbagai jenis penyakit, membuat awet muda, dan lainnya. Anggapan ini nyatanya bukan isapan jempol semata.

Ada banyak bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa tertawa memang memiliki berbagai manfaat kesehatan.


Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat kesehatan dari tertawa.


1. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan hipertensi adalah salah satu efek samping dari stres.

Mengutip Mental Floss, sebuah studi pada 2017 yang dimuat dalam Journal of Dental and Medical Research menyebutkan bahwa tertawa memang menurunkan tekanan darah.

Studi pada 2011 yang dimuat American Heart Association Scientific Sessions menyebutkan hal yang sama.

2. Menurunkan kecemasan dan emosi negatif lainnya
Studi pada 1990 yang dimuat dalam Psychological Reports melakukan penelitian terhadap 53 murid sekolah. Terapi tertawa yang dilakukan ini juga menunjukkan bahwa tertawa bisa menurunkan kecemasan pada pasien parkinson, mengurangi kecemasan dan depresi pada mahasiswa keperawatan, meningkatkan optimisme, harga diri, mengurangi depresi pada wanita menopause.

Dari sisi psikologi, penulis Bernard Saper mengatakan bahwa kemampuan untuk mempertahankan rasa humor dan kemampuan untuk tertawa bisa menjadi mekanisme positif untuk membantu seseorang melewati masa sulit.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sebuah studi 2015 dan dimuat dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyebutkan bahwa ibu yang baru melahirkan akan memiliki IgA (antibodi yang punya peran penting dalam fungsi imun) mengalami peningkatan.

Studi lain menyebutkan bahwa mahasiswa yang menonton film komedi akan meningkatkan salivary IgA (sIgA).


4. Anti depresan
Tertawa ternyata juga diklaim bisa membantu meringankan gejala depresi, khususnya bagi orang-orang lanjut usia atau orang yang dirawat di rumah sakit dalam waktu lama dan penyakit berat.

Studi 2015 dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa 3 kali 60 menit terapi tertawa bisa menurunkan depresi dan mood negatif dari pasien kanker.

5. Memperbaiki kardiovaskular
Studi pada 2009 dalam Medical Hypotheses menemukan bahwa tertawa punya keuntungan untuk menjaga kesehatan jantung dan juga sistem kardiovaskular.

6. Membakar kalori
Studi pada 2014 yang dimuat dalam International Journal of Obesity menemukan bahwa tertawa bisa membakar kalori. Peneliti membuktikan bahwa dengan tertawa sekitar 10 menit, bisa membakar 10 kalori.

(chs/chs)