Waktu yang Tepat Mengunjungi Taman Nasional di AS

CNN Indonesia | Senin, 08/04/2019 12:20 WIB
Waktu yang Tepat Mengunjungi Taman Nasional di AS Taman Nasional Yosemite. (Foto: Istockphoto/Bartfett)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasan Taman Nasional adalah salah satu daftar tujuan bagi para wisatawan, khususnya yang memiliki minat lebih terhadap pesona alami.

Salah satu negara yang mengelola kawasan Taman Nasional dengan cukup serius adalah Amerika Serikat. Contohnya adalah Taman Nasional Yosemite di bagian barat Pegunungan Sierra Nevada.

Taman Nasional Yosemite memiliki peraturan yang melarang pengunjungnya untuk memberi makan hewan liar, berburu, mengambil sesuatu dari kawasan Taman Nasional, kemping, dan hal lain yang melanggar.


Bahkan untuk mengambil ranting dari pohon mati sekalipun. Bagi yang nekad melanggar, maka akan didenda sebesar US$5.000 (sekitar Rp71 juta).

Sayangnya untuk menjadi saksi kemegahan dari keseriusan pengelolaan Taman Nasional di Amerika Serikat, perlu sedikit siasat untuk menghemat anggaran.

Mengutip Lonely Planet, Senin (8/4), berikut adalah waktu-waktu yang tepat untuk mengunjungi Taman Nasional di Amerika Serikat.

Taman Nasional Rocky Mountain
Jika dana pas-pasan, sebaiknya pilih bulan November hingga Januari untuk mengunjungi tempat ini. Harga hotel di kawasan ini pada bulan-bulan tersebut hanya berkisar di angka US$100 (atau sekitar Rp1,4 juta) per malamnya.

Taman Nasional Grand Canyon
Sama seperti Taman Nasional Rocky Mountain, harga kamar di kawasan Taman Nasional Grand Canyon pada bulan November sampai Januari jauh lebih murah ketimbang April sampai Juni. Jika harga sewa kamar per malam di bulan April sampai Juni bisa mencapai US$211 (sekitar Rp2,9 juta) maka pada bulan November sampai Januari hanya berkutat di angka US$67 (sekitar Rp950 ribu).

Taman Nasional Zion
Biaya sewa sebuah kamar untuk bermalam di kawasan Taman Nasional Zion untuk bulan Desember sampai Januari hanya US$80 (sekitar Rp1,1 juta), sedangkan untuk bulan Februari sampai April berkisar di angka US$116 (sekitar Rp1,6 juta).

Taman Nasional Denali
Bulan November dan Desember, biaya sewa kamar untuk bermalam di kawasan Taman Nasional Denali berkisar di angka US$95 (sekitar Rp1,3 juta). Sementara untuk bulan Juni sampai Agustus, angkanya bisa mencapai US$234 (sekitar Rp3,3 juta).

Waktu yang Tepat Mengunjungi Taman Nasional di ASTaman Nasional Denali. (Foto: Istockphoto/mtnmichelle)


Taman Nasional Yellowstone
Yellowstone adalah kawasan Taman Nasional yang cukup mahal di antara yang lainnya, untuk bulan-bulan sepi seperti November sampai Desember biaya sewa kamar per malamnya adalah US$133 (sekitar Rp1,8 juta). Sedangkan untuk bulan ramai yakni Juni dan Juli, berkisar di angka US$220 (sekitar Rp3,1 juta)

[Gambas:Video CNN] (agr)