CATATAN PERJALANAN

Bertamu ke Lokasi Syuting 'Game of Thrones' di Spanyol

Purwandini Sakti Pratiwi, CNN Indonesia | Minggu, 21/04/2019 17:36 WIB
Real Alcázar de Sevilla. (Dok. Purwandini Sakti Pratiwi)
Mallorca, CNN Indonesia -- Tak pernah terlintas dalam benak saya bahwa kekaguman terhadap sesuatu dapat memicu diri untuk menjelajahi beragam tempat yang tidak terduga. Itu semua bermula dari ketertarikan saya terhadap tema abad pertengahan.

Semenjak merantau untuk menempuh pendidikan tinggi di Spanyol, saya tergolong sering mengunjungi kastel atau benteng yang tersebar hampir di seluruh kota kecil maupun kota besar di Negara Matador ini. Apalagi sebelum menetap di Mallorca, saya tinggal di Jaén, provinsi yang memiliki kastel dan benteng terbanyak di Spanyol.

Saat itu saya dikelilingi oleh lingkungan yang begitu indah serta kaya akan cerita, karena tiap bangunan bersejarah meninggalkan jejak beragam era dan penguasa yang pernah menduduki kawasan Iberia.


Ketertarikan terhadap tema tersebutlah yang membuat saya terjatuh semakin dalam ke dunia Game of Thrones.

Begitu mengetahui sejumlah lokasi syuting serial ini berada di beberapa kota di Spanyol, saya tak kuasa membendung rasa penasaran ingin melihat seperti apa lokasi sebenarnya.

Sebanyak 17 kawasan di Spanyol disulap menjadi bagian dari Westeros dan Essos, wilayah di mana kisah Game of Thrones berkembang.

Dari total tersebut, saya pun berkesempatan mengunjungi empat lokasi.

Kebetulan lokasi-lokasi tersebut mudah dicapai dengan transportasi publik, karena ada sejumlah tempat yang agak sulit dicapai jika tidak memiliki kendaraan pribadi.

Keempat lokasi ini memiliki aneka latar belakang dan semuanya merupakan situs ikonik dari masing-masing kota tempat mereka bernaung:

1. Real Alcázar de Sevilla, Provinsi Sevilla, Andalusia

Di wilayah utara Westeros dapat dijumpai Castle Black dan Winterfell dengan iklim dingin. Sementara itu di bagian paling selatan terdapat Dorne yang beriklim tropis.

Di beberapa episode, dapat dilihat Klan Martell sebagai penguasa Dorne bermukim di sebuah istana bernama Water Gardens. Mungkin masih membekas di ingatan ketika Obara, Nymeria, dan Tyene Sand (anak dari Oberyn Martell dan Ellaria Sand) mencoba menculik Myrcella Baratheon ketika ia sedang bersama Pangeran Trystane Martell.

Kota Sevilla seolah menjadi jelmaan nyata dari Dorne. Terletak di bagian selatan Spanyol, Sevilla pun tergolong memiliki iklim tropis, karena di musim panas bisa mencapai suhu 45 derajat Celcius.

Bukan rahasia lagi jika Real Alcázar de Sevilla kemudian dipilih menjadi Istana Water Gardens milik Klan Martell. Tercatat dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak 1987, kemegahan dan keindahan Real Alcázar de Sevilla tak dapat dipungkiri.

Bertamu ke Lokasi Syuting 'Game of Thrones' di Spanyol [EBG]Real Alcázar de Sevilla. (Dok. Purwandini Sakti Pratiwi)

Jika melihat tiap sudut pintu, dinding, hingga atap istana, seluruhnya diukir dengan nuansa Islami, serta dibubuhi aneka warna secara mendetail.

Namun secara keseluruhan, istana ini merupakan campuran gaya arsitektur era Roman dan Gothic, Kaum Moor, hingga periode kekuasaan Castilian (Kerajaan Spanyol).

Keunikan tersebut turut menjadikan Real Alcázar de Sevilla sebagai contoh unggulan arsitektur Mudéjar (gaya Kristen Iberia namun memiliki pengaruh dari gaya Kaum Moor) di semenanjung Iberia.

Bagian menarik lainnya yang dapat dijumpai di komplek istana ini ialah taman. Berkat area yang begitu luas, Istana Sevilla memiliki beberapa taman yang dipenuhi oleh aneka flora dan fauna. Bahkan saya sempat melihat burung merak berkeliaran bebas di sana.

Uniknya, salah satu taman berbentuk labirin, sehingga para pengunjung dapat bermain sembari menikmati pemandangan sekitar istana.

Ketika berkunjung, saya pun membutuhkan sekitar 3 jam untuk mengulik setiap sudut istana tersohor di Sevilla, Andalusia ini.

2. Jembatan Roman, Provinsi Córdoba, Andalusia

Jembatan Roman terletak tepat di area bersejarah kota Córdoba, Spanyol. Jembatan sepanjang 250 meter dan selebar 9 meter ini dapat dijumpai di depan Mezquita yang juga populer di kalangan wisatawan.

Berada tepat di atas Sungai Gualdaquivir, jembatan ini pertama kali dibangun pada zaman pendudukan Roman.

Meskipun sempat beberapa kali direnovasi pada abad yang berbeda, struktur jembatan yang tampak hingga saat ini merupakan rekonstruksi oleh Kaum Moor pada tahun 918 ketika mereka menguasai Córdoba.

Bertamu ke Lokasi Syuting 'Game of Thrones' di Spanyol [EBG]Jembatan Roman. (Dok. Purwandini Sakti Pratiwi)

Dalam serial Game of Thrones, jembatan bersejarah ini berubah wujud dan nama menjadi The Long Bridge yang berlokasi di Kota Volantis, Essos.

Karena memiliki struktur yang luas, dikisahkan bahwa sejumlah bangunan, pasar, bahkan permukiman kecil dapat dijumpai di atas jembatan.

Beberapa karakter utama pun sempat singgah di lokasi ini, misalnya Tyrion Lannister bersama Varys ketika mereka sedang dalam pelarian di musim kelima.


Kunjungan ke lokasi bersejarah tempat syuting Game of Thrones di Spanyol masih berlanjut ke halaman berikutnya...

[Gambas:Video CNN]

Menelusuri Jejak 'Game of Thrones' di Spanyol

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2