CATATAN PERJALANAN

Bertamu ke Lokasi Syuting 'Game of Thrones' di Spanyol

Purwandini Sakti Pratiwi, CNN Indonesia | Minggu, 21/04/2019 17:36 WIB
Sebagai penggemar Game of Thrones, menetap di Spanyol menjadi kesempatan bagi saya untuk bertamu ke lokasi syuting serial karya George R. R. Martin itu. Foto: Dok. Purwandini Sakti Pratiwi
3. Kastel Almodóvar de Río, Provinsi Córdoba, Andalusia

"Tell Cersei, I want her to know it was me," kata Olenna Tyrell.

Di dalam Kastel Highgarden milik Klan Tyrell, Olenna Tyrell mengungkap keterlibatan dirinya di hadapan Jaime Lannister dalam peristiwa Purple Wedding yang menewaskan Joffrey Baratheon, anak pertamanya dengan Cersei Lannister.


Setelah itu Olenna menenggak racun yang dibawa oleh Jaime sebagai pilihan lain daripada menjalani pengadilan di hadapan Cersei di King's Landing. Momentum ini pun turut menandakan jatuhnya klan Tyrell.

Bertamu ke Lokasi Syuting 'Game of Thrones' di Spanyol [EBG]Kastel Almodovar de Rio. (Dok. Purwandini Sakti Pratiwi)

Adegan ikonik itu diambil di sebuah kastel yang berjarak 24 kilometer dari Kota Córdoba. Berdiri sejak tahun 740, kastel Almodóvar de Río menjadi bukti jejak peninggalan beragam budaya mulai dari era Roman, Visigothic, pendudukan kaum Muslim Moor asal Berber hingga setelahnya oleh kaum Kristen di Córdoba, Spanyol.

Tak heran jika kastel ini memiliki perpaduan gaya arsitektur dari masing-masing kerajaan di eranya, termasuk gaya Gothic yang sampai saat ini dapat dilihat langsung hampir di seluruh penjuru kastel. Keluar dari King's Hall (ruangan utama kerajaan), saya menginjakkan kaki di salah satu balkon kastel.

Pemandangan kota kecil Almodóvar de Río dan Sungai Gualdaquivir tampak begitu memesona dari kastel di atas bukit berketinggian 252 meter ini.

Masih berdiri di lokasi yang sama, saya bisa membayangkan adegan ketika Olenna menyaksikan Jaime dan pasukan Klan Lannister dari kejauhan menginvasi Kastel Highgarden.

4. San Juan de Gaztelugatxe, Bermeo, Basque

Di musim ketujuh, Danaerys Targaryen akhirnya kembali menjajaki tanah kelahiran sekaligus istana milik keluarganya yakni Dragonstone, sebuah istana megah yang berada di atas pulau di area Blackwater Bay, Westeros. Dekorasinya didominasi oleh naga yang merupakan simbol utama dari Klan Targaryen.

Sebelumnya, Dragonstone dikuasai oleh Stannis Baratheon ketika Klan Baratheon masih berkuasa di Westeros.

Di dunia nyata, San Juan de Gaztelugatxe yang terletak di Teluk Biscay, Bermeo, Basque tampak menjadi lokasi terbaik bagi Dragonstone.

Agak berbeda dari lokasi lainnya, pulau kecil ini tak memiliki istana namun sebuah kapel yang didedikasikan kepada Saint John (San Juan) dari abad ke-10.

Situs bersejarah di bagian utara Spanyol ini juga terkenal akan formasi bebatuan dan biotope di sekitarnya yang dilindungi. Hadir sejak abad ke-9, San Juan de Gaztelugatxe turut menjadi saksi bisu beragam konflik yang terjadi di teluk serta menjadi benteng Kerajaan Spanyol dari pemberontakan bajak laut.

FOTO

Selain itu, lokasi ini juga terkenal bagi para pengunjung untuk berziarah. Bagian penting dari ritual tersebut ialah ketika mencapai puncak, orang-orang membunyikan lonceng sebanyak tiga kali di kapel yang berada di atas pulau.

Bagi saya, situs ini cukup menantang untuk dikunjungi. Satu-satunya cara untuk tiba ialah melewati jalur pendakian hingga akhirnya tiba di anak tangga pertama menuju puncak San Juan de Gaztelugatxe.

Menapaki 241 anak tangga tentu bukan perkara mudah, apalagi jika melihat ketinggian dan jalurnya yang berkelok-kelok.

Akan tetapi ketika sudah tiba di puncak bukit, rasa lelah pun langsung sirna karena saya disuguhi pemandangan garis laut utara Spanyol yang spektakuler. Ada pun beberapa lokasi syuting lainnya di Spanyol adalah Guadalajara, Almería, Castellón, Navarra, Girona, Barcelona, Zumaia, dan Cáceres.

Setiap wilayah tersebut juga memiliki sejarah panjang dan beragam gaya arsitektur khas Spanyol yang eksotik.

Jika memiliki kesempatan untuk pergi ke Spanyol dan ingin merasakan bagaimana suasana Westeros dan Essos dalam Game of Thrones, tak ada salahnya untuk menyambangi kota-kota tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(ard)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK