Bos Facebook buatkan 'Kotak Tidur' untuk Sang Istri

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 09/05/2019 20:41 WIB
Bos Facebook buatkan 'Kotak Tidur' untuk Sang Istri Mark Zuckerberg buatkan 'kotak tidur' untuk sang istri yang insomnia. (REUTERS/Aaron P. Bernstein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Drama susah tidur pasti dialami oleh para orang tua yang memiliki anak kecil. Ini pula yang dialami oleh pasangan Bos Facebook, Mark Zuckerberg dan sang istri Priscilla Chan.

Melalui akun Instagramnya, Zuckerberg mengatakan bahwa dirinya sadar menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Apalagi keduanya telah memiliki dua anak perempuan.

"Dia [istrinya Priscilla Chan] bakal bangun dan mengecek jam di ponsel untuk melihat apa anak-anak akan segera bangun, tetapi [saya] kemudian tahu bahwa jam itu membuatnya stres dan dia susah kembali tidur," tulis Zuckerberg.


[Gambas:Instagram]

Sebagai seorang yang mumpuni di bidang teknologi, Zuckerberg pun berinisiatif untuk membuat alat yang disebut 'sleep box'. Meski dari namanya berarti kotak tidur, dia tidak membuat Chan tidur di dalamnya.

Alat ini berbentuk kotak dan memiliki semacam lampu di dalamnya. Lampu akan otomatis meredup di antara pukul 06.00-07.00 pagi. Hal ini dilakukan untuk memberi sinyal waktunya untuk bangun pada Chan. Jika lampu tak menyala, tak masalah bagi Chan untuk tidur kembali.

Hal itu dilakukan Zuckerberg agar sang istri tak terlalu sering mengecek jam yang bisa menimbulkan stres.

"Sebagai insinyur, membuat alat yang membantu pasangan saya agar tidur lebih nyenyak adalah satu jalan terbaik untuk dilakukan sebagai ungkapan cinta dan penghargaan," kata Zuckerberg.

Direktur Klinis University of Michigan, Derdre Conroy mengatakan bahwa masalah tidur di antara para orang tua baru adalah hal yang biasa.

"Saya pikir ini ide bagus karena kadang orang dengan insomnia mengecek ponsel sepanjang malam. Saat Anda mengecek jam, itu memicu kekhawatiran dan perasaan cemas," kata Conroy dikutip dari CNN.

Conroy merekomendasikan pasien insomnia untuk tak terlalu sering mengecek jam di malam hari. Menghilangkan pemicu kecemasan, kata dia, bisa membantu seseorang untuk tidur. "Sleep box bisa menggantikan tugas jam atau ponsel," imbuhnya.

Menurut Conroy, kreasi sederhana ini bisa membantu orang dengan masalah tidur.

Zuckerberg pun memutuskan untuk mengunggah gawai ciptaannya di akun Instagram dan berharap ada pihak di luar sana yang ingin mewujudkan idenya.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)