Tips Tampil Beda dan Segar di Hari Lebaran

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/06/2019 18:53 WIB
Tips Tampil Beda dan Segar di Hari Lebaran Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lebaran adalah hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa menahan hawa nafsu. Sebagian merayakannya dengan baju anyar sebagai simbol diri yang baru dan lebih baik dari waktu sebelumnya.

Tak ada salahnya mencoba sesuatu yang baru di Hari Raya Idulfitri. Tampilan anyar akan membuat Anda terlihat lebih baru dan segar.

Anda bisa bereksperimen dengan tampilan. Desainer Didiet Maulana memberikan beberapa trik untuk tampil beda di hari Lebaran.


1. Bermain dengan atasan dan bawahan
Tak melulu harus kaftan, abaya, atau gamis. Lebaran kali ini tak ada salahnya bermain dengan two pieces alias paduan atasan dan bawahan. Multi layering atau paduan antara inner (dalaman), outer (luaran), serta bawahan.

"Two pieces ini jarang digunakan karena mungkin [dianggap] terlalu kasual. Tapi atasan dengan aplikasi detail, bordir, dan payet membuat two pieces terlihat elegan dipakai," kata Didiet saat ditemui di sela gelaran Ramadan In Style di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (15/5).

2. Pilih bahan busana yang nyaman
Bahan memberikan peranan penting. Jika bahan kurang terasa nyaman, Anda akan terlihat kurang elegan di hari Lebaran.

Umumnya, aktivitas di hari Lebaran akan meningkat dari biasanya. Rumah akan semakin terasa panas dan kesibukan menjamu tamu.

Didiet menyarankan Anda untuk memperhatikan bahan busana agar tetap nyaman. Anda bisa menggunakan bahan katun untuk busana atau foal untuk hijab.

3. Modest wear tak selalu dengan hijab
Wanita yang tidak berhijab tapi ingin tampil modest tak perlu memaksakan diri berjilbab. Anda bisa mengenakan turban atau penutup kepala yang tak sampai leher. Pilihan lain adalah dengan mengenakan pashmina yang dikalungkan di bagian leher.

4. Aksesori tak berlebihan
Busana two pieces dan hijab sudah terlihat ramai. Untuk itu, jangan gunakan aksesori secara berlebihan.

Didiet menyarankan agar pilihan aksesori cukup pada tas atau sepatu yang melengkapi busana.

"Triknya, ambil satu warna atau yang ingin ditampilkan pada baju, lalu cari aksesori yang bikin tampilan mewah tapi tidak memberatkan," kata Didiet.

5. Eksplorasi motif
Tampil beda juga bisa ditunjukkan dengan aplikasi motif. Busana bermotif akan memberikan kesan yang menyenangkan.

Didiet mengatakan, tak masalah bermain dengan motif asal penempatannya dilakukan dengan tepat. Untuk busana multi layering, aplikasi motif bisa ditonjolkan pada outer.

"Sekarang outer berupa rompi panjang juga bisa dieksplor," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN] (els/asr)