Pola Makan Buruk Sebabkan Kanker

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 06:26 WIB
Pola Makan Buruk Sebabkan Kanker Ilustrasi makan. (Istockphoto/SolStock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pola makan Anda ternyata memiliki pengaruh terhadap risiko kanker yang lebih tinggi. Penelitian terbaru menunjukkan, pola makan yang buruk menyebabkan penyakit kanker.

Studi yang dipublikasikan dalam JNCI Cancer Spectrum ini mendapati sebanyak 80.110 kasus kanker baru pada orang dewasa berusia lebih dari 20 tahun di Amerika Serikat pada 2015 disebabkan oleh pola konsumsi makanan yang buruk. Jumlah ini setara dengan 5,2 persen dari semua kasus kanker invasif di AS.

"Proporsi ini sebanding dengan proporsi beban kanker akibat alkohol," kata peneliti dari Tuffts University AS, Fang Fang Zhang, dikutip dari CNN.


Hasil penelitian didapat setelah peneliti mengevaluasi tujuh faktor makanan yakni asupan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, produk susu, asupan daging olahan, daging merah, dan minuman manis seperti soda.

Studi ini memeriksa data asupan makanan orang dewasa di AS antara 2013-2006 yang berasal dari National Health and Nutrition Examination Survey, serta data dari kejadian kanker di AS pada 2015.

Para peneliti menggunakan model penilaian risiko komparatif. Metode ini melibatkan jumlah kasus kanker yang terkait dengan pola makan yang buruk dan mengevaluasi makanan yang berperan menyebabkan kanker di AS.

Hasilnya, konsumsi biji-bijian yang rendah dikaitkan dengan penyebab kanker terbesar di AS, diikuti dengan asupan susu yang rendah, asupan daging olahan yang tinggi, asupan sayuran dan buah-buahan yang rendah, asupan daging merah yang tinggi, serta asupan minuman manis yang tinggi.

Peneliti juga menemukan bahwa kanker kolorektal merupakan kanker dengan proporsi tertinggi yakni 38,3 persen disebabkan oleh pola makan yang buruk.

Peneliti menyimpulkan, pola makan merupakan salah satu faktor risiko yang sebenarnya dapat diubah untuk mencegah kanker.

Tingkatkan konsumsi bibi-bijian, susu, sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, kurangi konsumsi daging olahan, daging merah, dan minuman manis untuk mencegah kanker.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)