Ragam Atraksi Wisata Sepanjang Tol Trans Jawa

agr, CNN Indonesia | Kamis, 30/05/2019 05:25 WIB
Ternak warga merumput di median jalan Tol Solo-Kertosono. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lebaran adalah momen yang cukup ditunggu karena sebagian besar penduduk Indonesia menunaikan mudik, untuk melepas rindu dengan saudara dan kerabat di kampung halaman.

Bagi sebagian orang, mudik identik dengan perjalanan darat bersama keluarga dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Kesempatan intim itu menjadi waktu yang tepat untuk mengajak keluarga ke destinasi baru demi merasakan geliat budayanya, merasakan menu baru, dan menghasilkan cerita yang tak terlupakan.


Berikut adalah atraksi wisata yang bisa dikunjungi di sepanjang jalur transjawa, mulai dari tempat wisata hingga kuliner yang membentang dari Merak hingga Probolinggo.

Jalur Merak-Tangerang

Pantai Anyer
Provinsi Banten mempunyai banyak destinasi pilihan yang bisa dijadikan pilihan, salah satu andalannya adalah Pantai Anyer. Tak usah khawatir dengan musibah tsunami yang melanda provinsi ini tahun lalu, karena Banten telah berbenah menjadi lebih baik dan aman.

Nasi Sumsum
Selain keindahan alamnya, Banten juga punya 'harta karun' yang memanjakan lidah. Salah satu kuliner andalan Banten adalah Nasi Sumsum. Cita rasa gurih dan lezat berasal dari campuran nasi dan sumsum tulang kerbau, yang telah dibumbui lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar dalam suhu tertentu.

Olahan ikan bandeng
Terletak di kawasan pesisir, olahan ikan bandeng dari Banten patut diperhitungkan untuk dicicipi. Salah satunya menu andalannya adalah Pecak Bandeng, menu sederhana dari gabungan sambel pecak dan bandeng.

Jalur Tangerang-Jakarta

Surga kuliner Jakarta
Berbagai macam suku dan budaya ada di Jakarta, tidak heran jika kota ini banyak sekali menu kuliner. Kota ini layaknya minitaur Indonesia, mulai dari chinese food, europian food, arabian food, hingga kuliner khas daerah khususnya betawi.

Wisata belanja
Tak hanya kuliner, ragam wisata di Jakarta juga meliputi pusat perbelanjaan. Sebagai kota dengan jumlah mall terbanyak di dunia, sudah bukan rahasia jika belanja menjadi wahana rekreasi baik untuk warga atau wisatawan. Mulai dari beragam pusat grosir, hingga mall kelas atas ada di Jakarta.

Jalur Jakarta-Kanci

Pasar Batik Trusmi
Singgah ke Cirebon rasanya belum lengkap jika tidak membawa cendera mata, salah satu kawasan waji untuk mencari cendera mata khas Cirebon adalah Pasar Batik Trusmi. Beragam jenis corak batik khas Cirebonan seperti Mega Mendung, Kratonan, hingga khas Trusmi bisa ditemukan di sini.

Empal Gentong dan Nasi Jamblang
Menikmati kota Cirebon tanpa mengicipi empal gentong dan nasi jamblang adalah sebuah kesalahan. Tak sulit menemukan dua kuliner khas Cirebon ini, karena hampir di setiap sudut kota menyajikannya.

Jalur Kanci-Pemalang

Nasi Grombyang
Nasi Grombyang merupakan makanan khas warga Pemalang. Semangkung nasi grombyang berisi rempah-rempah, kluwek, kelapa sangrai dan daging pilihan yang membuat lidah bergoyang-goyang

Pemandian Guci
Tak jauh dari pintu tol Slawi, Pemandian air panas Guci bisa menjadi pilihan untuk para wisatawan yang ingin bersantai dengan air panas dari lereng gunung Slamet. Tak hanya pemandian air panas saja, di kawasan ini juga banyak penginapan yang bisa disewa untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Jalur Pemalang-Semarang

Momoh Kendal
Makanan khas Kaliwungu, Kabupaten Kendal ini mempunyai bahan dasar jeroan sapi yang dimasak bersama rempah-rempah. Sekilas makanan ini terlihat seperti krecek gudeg khas Jogja, karena memang sama-sama dimasak dalam kuali tanah liat selama satu hari penuh sehingga rasa yang dihasilkan sangat kuat.

Pantai Sigandu
Selain melihat panorama pantai, di tempat ini juga memberi kesempatan untuk mengenal beberapa satwa dilindungi.

Kawasan kota tua Semarang
Semarang menjadi saksi bisu penjajahan Belanda yang meninggalkan bangunan-bangunan estetik khas negara kincir angin. Terdapat bangunan bersejarah di kota Semarang seperti Lawang Sewu, Gereja blenduk, dan beberapa bangunan estetik lain yang ada di kawasan kota tua

Jalur Semarang-Solo

Eling Bening
Jika spot foto yang Instagramable adalah salah satu daftar libur lebaran, maka Eling Being adalah tempat yang tepat. Hanya perlu membayar Rp20 ribu per orang, siapapun bisa mengeksplorasi Eling Bening atau berenang bersama keluarga seharian.

[Gambas:Video CNN] (agr)
1 dari 2