Negara-negara yang Seru Dikunjungi Saat Idul Fitri

agr, CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 14:20 WIB
Negara-negara yang Seru Dikunjungi Saat Idul Fitri Quranic park di Dubai. (Foto: REUTERS/Satish Kumar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merayakan momen Idul fitri di Indonesia selalu identik dengan mudik atau pulang kampung, namun tradisi itu rupanya tidak berlaku di beberapa negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim.

Saat ini terdapat sekitar 50 negara mayoritas Muslim di dunia, dengan populasi 1,8 miliar. Hal itu menunjukkan bahwa ada banyak yang dapat dieksplorasi, terkait tradisi Ramadan dan Idul fitri di berbagai penjuru dunia.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk menikmati idul fitri di negara lain bisa dimulai dari mengagumi arsitektur Islam, menikmati makanan lokal yang unik, hingga mengunjungi ke tempat-tempat bersejarah.


Berikut adalah beberapa negara yang seru dikunjungi saat Idul Fitri

Turki
Turki adalah negara dengan populasi Muslim yang paling unik di dunia, karena negara ini terbentang di dua benua. Budaya, tradisi, dan sejarahnya yang luas menyebabkan Turki berbeda dari yang lainnya.

Selama Idul Fitri, banyak wisatawan berduyun-duyun ke Istanbul untuk mengunjungi kota yang kaya akan arsitektur Islam, seperti Masjid Biru yang ikonik dan Hagia Sophia untuk mendapatkan pengalaman spiritual yang berbeda dari biasanya.

Tak hanya itu, jalan-jalan di Turki menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan dikarenakan berbagai pertunjukan di jalanan seperti layaknya karnaval.

Setelah berjalan-jalan pastikan untuk menikmati masakan halal yang paling terkenal seperti Simit, Sucuk, Lahmacun dan masih banyak lagi.

Uni Emirat Arab (Dubai)
Momen Idul fitri di Dubai merupakan waktu yang cukup ideal untuk mengeksplorasi objek-objek wisata populer, karena tidak terlalu ramai.

Setiap wisatawan tidak perlu menunggu antrian yang panjang untuk mengunjungi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Bahkan hidangan khas timur tengah bisa dengan mudah ditemukan di Dubai saat Idul fitri.

Maroko
Negara muslim yang terletak di Afrika ini memiliki perpaduan warisan budaya, tradisi, dan pemandangan luar biasa.

Menikmati momen Idul fitri di Maroko bisa dilakukan di masjid terbesar di Afrika, Masjid Hassan II, sambil menyaksikan pemandangan di bawah laut Samudra Atlantik yang spektakuler.

Keindahan kota Maroko bisa kita saksikan di malam hari dan jatuh cinta pada keindahan pantulan cahaya kota, khususnya jalanan di Marrakesh yang menjadi sangat ramai setiap malam.

Marrakesh juga menawarkan berbagai kegiatan seperti naik unta, naik kereta dan bagi mereka yang berani menghadapi tantangan lebih, bisa bersepeda di gunung.

Kairo, Mesir
Saat Idul fitri, Kairo memiliki banyak perayaan yang menyenangkan. Bahkan apabila kita memesan makanan di sini, kita akan mendapatkan porsi yang berlebihan.

Selain itu wisatawan dapat menikmati malam di Kairo dengan berjalan-jalan di El Moez Street, sebuah museum terbuka dan monumen Islam.

[Gambas:Video CNN] (agr)