Dunia Rayakan Hari Yoga Internasional

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 13:42 WIB
Dunia Rayakan Hari Yoga Internasional Ilustrasi yoga (Herika MARTINEZ / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yoga kian populer dan digandrungi banyak orang. Hari ini, Jumat (21/6), dunia memperingati Hari Yoga Internasional.

Hari Yoga Internasional dijadikan sebagai momen pengingat tentang pentingnya keselarasan antara tubuh dan pikiran atau fisik dan psikis.

Perayaan Hari Yoga Internasional dimulai pada 2015 lalu. Tanggal 21 Juni dipilih lantaran fenomena 'summers soltice' atau hari terpanjang di belahan bumi bagian utara terjadi pada tanggal tersebut.


Perdana Menteri India, Narendra Modi adalah orang pertama yang mencetuskan Hari Yoga Internasional. Didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2014, usulan Modi pertama kali dirayakan pada 2015 lalu.

Tahun ini, perayaan Hari Yoga Internasional mengambil tema 'aksi untuk iklim'. Yoga dianggap dapat membentuk persatuan antara manusia dengan semua flora dan fauna yang ada di alam.

Indonesia didapuk sebagai tuan rumah perayaan Hari Yoga Internasional ke-5. Perayaan digelar di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta pada 22-23 Juni 2019.

Selain itu, perayaan Hari Yoga pada tahun ini juga hadir mewarnai situs jejaring profesional LinkedIn. Yoga dianggap sebagai 'obat mujarab' untuk rasa stres dan iri dengki.

"Di saat penyakit, terutama yang berhubungan dengan stres meningkat, Yoga memberi kelegaan dan kegembiraan," tambah Modi.

Yoga adalah aktivitas fisik, mental, dan spiritual kuno yang berasal dari India. Menyitat situs resmi Hari Yoga PBB, yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti 'bergabung atau bersatu'. Yoga melambangkan penyatuan tubuh dan kesadaran.

Yoga telah naik daun dalam beberapa dekade terakhir dengan jutaan orang mempraktikkannya secara teratur.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)