6 Gerakan Yoga Atasi Kram Perut saat Menstruasi

CNN Indonesia | Minggu, 07/07/2019 09:07 WIB
6 Gerakan Yoga Atasi Kram Perut saat Menstruasi Ilustrasi yoga (Foto: CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian besar perempuan pasti merasakan rasa sakit pada masa menstruasi. Beberapa bahkan merasakan sakit yang teramat-sangat. Yoga bisa jadi pilihan untuk meredakan kram perut akibat menstruasi.

Mengutip Metro, beberapa yoga disebut dapat membantu menghilangkan kram pada perut. Yoga menjadi pereda alternatif saat menstruasi datang.

Seorang instruktur yoga, Flo Lefebvre, membagikan beberapa gerakan yoga yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit.


1. Latihan pernapasan
Tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Kemudian, cobalah untuk mengeluarkan napas Anda lebih lama. Lakukan minimal 10 kali.

2. Viparita karani
Gerakan ini adalah posisi dimana kaki berada di atas dinding. Pose ini akan meringankan tungkai Anda.

Diawali oleh pose duduk dengan pinggul sebelah kanan menempel dinding. Kemudian angkat kaki Anda ke atas dan berbaring. Tubuh anda harus membentuk L. Sesekali tekuk lutut jika terasa sakit.

3. Membungkukkan badan hingga kaki
Pose ini berfungsi untuk meredakan ketidaknyamanan saat menstruasi. Gerakannya dimulai dari duduk dengan kaki di bagian depan, lalu regangkan punggung dan bungkukkan tubuh Anda hingga mencium paha.

Pose ini memiliki efek menenangkan dan memberi energi kembali pada tubuh.

4. Gerakan kupu-kupu
Pose ini bisa dilakukan melalui duduk tegak dengan kaki melipat ke dalam. Selain itu, ini juga bisa dilakukan dengan berbaring terlentang di atas lantai atau menempatkan matras di sepanjang tulang belakang. Pada saat bersamaan, bentuk telapak kaki menyilang.

5. Apanasana
Pose ini baik untuk memberikan tekanan lembut pada perut. Sensasi pijatan akan terasa saat Anda menarik napas dalam-dalam.

Berbaring-lah di lantai atau matras, lalu lipat kaki dan dekatkan lutut ke bagian dada.

6. Jathara parivartanāsana
Pose satu ini bermanfaat untuk meregangkan tulang belakang. Gerakannya cukup muda. Anda tinggal duduk di atas lipatan kaki, lalu luruskan kedua tangan. Condongkan tubuh ke depan hingga dada menyentuh lutut.

[Gambas:Video CNN] (nad/asr)