Aturan Mengonsumsi Buah Ceri saat Jalani Diet Keto

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 06:22 WIB
Aturan Mengonsumsi Buah Ceri saat Jalani Diet Keto Ilustrasi buah ceri (Foto: Neha Deshmukh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Diet keto hampir 'melarang' Anda untuk mengonsumsi buah akibat kandungan karbohidrat yang dikandungnya. Namun, tampaknya hal tersebut tak berlaku bagi buah ceri.

Pada dasarnya, diet keto berfokus pada asupan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Seseorang harus mendapatkan kalori sebesar 70 persen yang berasal dari asupan lemak. Hal ini diperlukan untuk mendorong proses ketosis atau mode pembakaran lemak.

Buah ceri disebut aman dikonsumsi saat seseorang tengah menjalani diet keto. Dengan catatan, jika ceri tak dikonsumsi secara berlebih.


Sementara sisa kebutuhan kalori harian dapat dipenuhi oleh asupan karbohidrat dan protein. Sebanyak 20 persen kalori berasal dari protein dan 10 persen lainnya berasal dari karbohidrat.

Dalam diet keto, para ahli diet menganjurkan sebesar 20-30 gram asupan karbohidrat harian. Hal ini membuat seseorang yang tengah menjalani diet ini kesulitan untuk mengonsumsi buah. Pasalnya, buah dikenal sebagai makanan tinggi karbohidrat dengan kandungan gula alami yang dimiliki.

"Makan terlalu banyak karbohidrat dalam satu hari akan membuat proses ketosis Anda gagal," ujar ahli diet, Rachel Gargiulo, mengutip Well and Good.

Namun, konsumsi buah tak bisa sepenuhnya dikesampingkan. Gargiulo mengatakan, buah dipenuhi nutrisi penting seperti vitamin, serat, dan antioksidan.

"Jangan sampai Anda melupakan konsumsi buah, meski sedang menjalani diet keto," kata Gargiulo.

Ceri dikenal sebagai salah satu buah rendah karbohidrat. Satu cangkir ceri mengandung 22 gram karbohidrat.

Mengutip Men's Health, para ahli menyebut Anda cukup mengonsumsi setengah cangkir ceri atau sekitar 11 gram. Namun, Anda juga harus membatasi karbohidrat dari semua jenis sumber nutrisi lainnya.

Ceri merupakan salah satu buah yang penting untuk tubuh. Kandungan antioksidannya yang berlimpah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mengutip Medical Daily, sejumlah studi menemukan bahwa ceri dapat mengurangi risiko peradangan, nyeri otot akibat olahraga, dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, ceri juga membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Sebuah studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di Michigan University juga menemukan manfaat ceri yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)


BACA JUGA