HARI BUAH SEDUNIA

Takaran Tepat Jumlah Buah yang Dikonsumsi Harian

CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 13:17 WIB
Takaran Tepat Jumlah Buah yang Dikonsumsi Harian Ilustrasi (Foto: Pixabay/Stevepb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunia merayakan Hari Buah Internasional pada Senin (1/7). Hari yang telah diperingati sejak 2007 lalu ini dijadikan momen untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya hidup sehat.

Konsumsi buah menjadi hal penting untuk kesehatan. Buah punya beragam manfaat untuk tubuh dan ampuh untuk menekan risiko sederet penyakit.

Kondisi tubuh ditentukan oleh jumlah buah yang dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, beberapa buah diketahui memiliki kandungan gula yang tinggi dan berisiko mengembangkan penyakit kronis seperti diabetes.

Buah hadir dengan kandungan nutrisi yang berbeda. Beberapa di antaranya kandungan vitamin, mineral, dan serat yang sangat tinggi. Setiap buah memiliki manfaatnya masing-masing bagi kesehatan tubuh.

Melansir Healthline, konsumsi buah dalam jumlah banyak setiap hari juga tak berakibat fatal pada kesehatan. Sebuah studi di AS menemukan, sangat jarang orang bisa memakan buah dalam jumlah banyak setiap harinya. Pasalnya, buah mengandung air dan serat yang dapat mengenyangkan perut dengan cepat.

Namun, kebanyakan studi menyarankan konsumsi dua hingga lima buah dalam setiap harinya. Konsumsi buah dalam jumlah tersebut sudah memberikan pengaruh pada kesehatan.

Konsumsi serat yang cukup dapat menekan risiko kolesterol dan membantu penurunan berat badan. Buah juga dapat menjadi penyokong antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas perusak sel.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, buah juga bisa menjadi pilihan. Tingginya kandungan air dan serat dapat memberikan rasa cepat kenyang.

Namun, buah harus dikonsumsi secara utuh, tidak dalam bentuk jus. Beberapa studi menemukan kaitan antara jus buah dengan peningkatan risiko obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Konsumsi buah juga dapat mengurangi risiko penyakit seperti kanker, diabetes, dan gangguan jantung. Satu dari tiga studi yang telah dilakukan menyebutkan, konsumsi buah setiap haru dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 7 persen.

Konsumsi buah yang banyak juga disebut mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Studi juga menyatakan bahwa banyaknya gula dalam buah hanya memiliki sedikit pengaruh pada kadar gula darah. Jadi, tidak perlu khawatir tentang kandungan gula dalam buah.

[Gambas:Video CNN]


(nad/asr)