Teh yang Ampuh Redakan Insomnia

tim, CNN Indonesia | Selasa, 09/07/2019 21:17 WIB
Teh yang Ampuh Redakan Insomnia (Istockphoto/OlegKov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Insomnia merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya sulit tidur atau bahkan tidak bisa tidur. Ada beberapa faktor yang menyebabkan insomnia seperti, alergi sinus, masalah pencernaan, arthritis, asma, masalah saraf, sakit kronis dan sakit punggung bawah. 

Akan tetapi penyebab utama biasanya cemas, stres, depresi, rasa marah, trauma dan rasa sedih. Melansir Bold Sky, teh ternyata juga bisa membantu Anda untuk melawan insomnia. 

1. Teh chamomile


Chamomile dikenal sebagai bunga yang bisa membantu tidur. Seduhan teh chamomile bisa membantu mengatur pola tidur. 

Jika mengalami kesulitan tidur, minumlah teh chamomile 30 menit sebelum tidur akan menimbulkan efek menenangkan. Chamomile pun bekerja sebagai antiinflamasi yang bisa meredakan radang tenggorokan. 


2. Teh lemon balm

Lemon balm adalah tanaman keluarga daun mint. Biasanya digunakan untuk pengobatan herbal dan bahan memasak. Seperti chamomile, lemon balm memberikan efek menenangkan sehingga bisa tidur. 

Teh lemon balm pun bisa membantu mengurangi stres, pencernaan, cemas dan bisa membantu meredakan demam. 

3. Teh lavender

Lavender kerap jadi bahan krim antinyamuk atau campuran obat nyamuk bakar. Bunga yang memiliki aroma khas ini ternyata bisa membantu melawan insomnia. 

Cukup secangkir teh lavender, bisa membantu membuat tubuh rileks, pikiran tenang dan mudah untuk tidur. Teh lavender juga bisa diaplikasikan di dada untuk meredakan gejala bronkitis, asma dan demam. 


4. Teh pisang

Barangkali terdengar aneh tetapi teh pisang itu ada dan bisa dimanfaatkan untuk melawan insomnia. Teh ini biasanya diberi suntikan pisang. Namun sebenarnya pisang sendiri mengandung potasium dan magnesium. Magnesium bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak. 

Minum teh pisang bisa membantu melemaskan pembuluh darah dan juga membuat otot rileks. 

5. Teh kayu manis

Jika tak suka rasa dan aroma buah seperti teh pisang, teh kayu manis bisa dijajal. Kayu manis punya banyak manfaat buat kesehatan. 

Selain membantu agar bisa lebih cepat tertidur, kayu manis bisa membantu mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem imun, melancarkan pencernaan, dan mengurangi inflamasi. (els/chs)