Desain Kamar Minimalis agar Tidur Lebih Berkualitas

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 20:37 WIB
Desain Kamar Minimalis agar Tidur Lebih Berkualitas Desain kamar tidur minimalis bisa membantu Anda mendapatkan istirahat yang lebih berkualitas. (Foto: IJY/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernahkah merasa jenuh dengan suasana kamar padahal sudah memasang berbagai dekorasi? Mungkin sekarang waktunya kamu menyulap kamar menjadi ruang super nyaman dengan sentuhan ala desain minimalis.

Apalagi desain kamar memengaruhi suasana hati, aktivitas, hingga emosi dan karakter penghuninya.

Melansir situs Apartment Therapy, penulis Environmental Interiors Mary Jo Weale, James W. Croake, dan W. Bruce Weale menyebut desain ruangan menentukan kondisi psikologis seseorang. Antara lain indera penglihatan, pendengaran, dan penciuman; sentuhan waktu (yang ditandai dengan aksen furnitur jadul atau modern); memori, imajinasi, emosi, serta harapan.



Desain ruangan yang rapi dan tata furnitur yang simetris dipercaya mampu meningkatkan kerja otak, menimbulkan perasaan tenang sekaligus menurunkan potensi stres.

Terlebih ruang kamar menjadi 'istana' Anda beristirahat, bekerja, memulai hari, atau bersantai dengan pasangan. Sehingga untuk mendekorasi kamar tidur bernuansa minimalis, Anda perlu memperhatikan warna, furnitur, serta detail aksen.

Nah, jika Anda butuh suasana baru yang nyaman dengan sentuhan estetis dan bebas stres, berikut tips dekorasi kamar minimalis agar tidur lebih berkualitas.

1) Gunakan warna-warna netral
Desain Kamar Minimalis agar Tidur Lebih Berkualitas [EBG]Warna-warna netral acap digunakan untuk mendapatkan desain kamar minimalis. (pozytywnewnetrza/Pixabay)

Bukan rahasia bahwa warna selalu menyampaikan pesan, baik pada fesyen, logo brand, hingga desain ruangan. Untuk mendekor kamar dengan sentuhan minimalis, dominasi warna netral adalah hal pertama yang perlu Anda perhatikan.

Biasanya, desain minimalis menggunakan dominasi warna monokrom alias hitam-putih. Walau begitu, Anda tak perlu takut memberikan sentuhan warna lain sesuai favorit Anda.

Ruangan dengan dominasi warna hitam-putih tanpa sentuhan warna lain berpotensi menimbulkan rasa bosan. Bahkan menurut studi, kekosongan warna pada ruangan berpotensi menimbulkan rasa kesepian. Untuk itu, tambahkan sentuhan warna lain yang sesuai, misalnya monokrom : warna lain setara perbandingan 5 : 2.

Untuk sentuhan warna selain monokrom, Anda bisa mencoba warna pastel untuk memberikan kesan modern. Melansir Behance, kombinasi minimalis dan pastel adalah salah satu tren desain 2019.


2) Sesuaikan warna kamar dengan kebutuhan

dekorasi kamar tidur minimalis agar hidup lebih berkualitasDekorasi kamar tidur minimalis agar istirahat lebih berkualitas. Kombinasi putih biru menenangkan otak sehingga membuat lebih cepat tidur (Foto: hastens.com)

Jika bingung memilih sentuhan warna selain monokrom, Anda bisa menyesuaikan warna kamar tidur dengan karakter, kebutuhan, dan aktivitas. Cari tahu apa yang Anda inginkan dari desain baru kamar Anda.

Melansir situs House Beautiful, memilih warna biru cenderung membuat mudah tidur, hijau menambah energi dan aura positif, perak memberi kesan elegan, atau jingga cenderung memberikan efek menenangkan.

3) Furnitur adalah kunci desain kamar minimalis
Desain Kamar Minimalis agar Tidur Lebih Berkualitas [EBG]Suasana kamar minimalis didapatkan tidak hanya lewat warna, tapi juga pilihan furnitur. (Dok. Jysk)

Warna saja tak cukup, pilihan furnitur juga perlu menjadi fokus Anda. Mengingat, suasana hati tak hanya dibangun dengan warna yang terlihat, namun juga furnitur--baik segi desain maupun ketersediaannya.

Sebagaimana namanya minimalis, pastikan furnitur yang Anda letakkan sesuai dengan kebutuhan. Usahakan jumlah furnitur tidak terlalu banyak sehingga ruangan tidak terkesan padat dan menjenuhkan.

4) Perbanyak barang polos (tanpa ornamen)
Desain Kamar Minimalis agar Tidur Lebih Berkualitas [EBG]Barang-barang dengan permukaan polis bisa menambah kesan bahwa kamar dirancang dengan desain minimalis. (blickpixel/Pixabay)

Untuk menambah kesan simpel namun elegan, baiknya Anda menggunakan furnitur dengan permukaan polos dan mulus. Selain kesan kosong menimbulkan kesan minim, tekstur polos menambah kesan mewah dengan impresi apa adanya.

Sekilas, tekstur furnitur mungkin terkesan tak penting karena ketika mata memandang seisi ruangan, hanya terkonsentrasi pada warna tembok, bentuk, dan jumlah furnitur alias kepadatan isi ruangan.

Padahal sebenarnya, hal sekecil tekstur pun berpengaruh pada kesan dan suasana yang terbentuk dalam ruang kamar.


Jika Anda bosan dengan nuansa modern, Anda bisa menggunakan furnitur dan aksen kayu. Tak hanya menambah kesan kuno, penggunaan kayu minim ukiran menambah kesan minimalis dan natural.

5) Berhati-hati dengan perabotan


Taruh barang-barang yang hanya dibutuhkan misalnya jam weker, baik manual atau digitalTaruh barang-barang yang hanya dibutuhkan misalnya jam weker, baik manual atau digital (Foto: condesign/Pixabay)

Kreativitas mungkin membuat Anda berani bereksperimen mendekorasi kamar tidur. Namun pastikan Anda memilih furnitur dengan bentuk dan ukuran yang tepat.

Agar tidak menimbulkan kesan penuh dan berlebihan, baiknya Anda lebih berfokus pada furnitur dibandingkan dekorasi aksesoris. Singkirkan dekorasi yang tak diperlukan. Kalau Anda ingin memberikan sentuhan lebih ramai, sertakanlah barang-barang yang terkesan dibutuhkan, seperti jam meja, buku, lilin, atau pigura.

6) Perhatikan peletakan
Desain Kamar Minimalis agar Tidur Lebih Berkualitas [EBG]Peletakan perabotan atau furnitur sangat memengaruhi desain kamar minimalis. (davidlee770924/Pixabay)

Selain memilih furnitur dengan warna monokrom dan desain simpel, peletakan sangat memengaruhi kesan minimalis. Hindari peletakan barang yang rapat atau mepet untuk menghindari sumpek. Semakin jauh dari kesan penuh dan ramai, tidur akan semakin nyenyak. 

Nah, sudahkah menyortir dan mengatur barang-barang di kamarmu demi mendapatkan kesan desain kamar minimalis serta mendapatkan istirahat yang lebih nyaman dan berkualitas?

(vid/fef)


BACA JUGA