Penyebab Warna Kulit Tidak Merata dan Cara Menghindarinya

Tim, CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 09:26 WIB
Penyebab Warna Kulit Tidak Merata dan Cara Menghindarinya Merawat dan mencegah warna kulit tidak merata (Foto: Istockphoto/Metamorworks)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian besar orang menganggap penampilan adalah kunci kepercayaan diri. Tak jarang mereka menaruh perhatian khusus untuk merawat kulit. Sebab kulit rentan mengalami permasalahan, salah satunya warna kulit yang tidak merata.

Warna kulit tidak merata atau flek hitam pada wajah disebabkan oleh banyak faktor. Problem kulit yang memiliki istilah medis melasma atau hiperpigmentasi ini beragam penyebabnya.

Misalnya, paparan sinar matahari, polusi dan radikal bebas, hormonal, hingga faktor usia. Warnanya yang menggelap pada bagian wajah tertentu seperti pipi, dahi, dan dagu membuat warna kulit wajah tak merata.


Nah, jika sudah telanjur memiliki problem warna kulit tidak merata, bukan perkara mudah untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, daripada flek bermunculan, semakin banyak, dan susah dihilangkan, lebih baik mencegahnya, bukan? Simaklah 6 tips merawat dan mencegah warna kulit tidak merata.


1. Gunakan sunscreen

6 Cara Merawat dan Mencegah Warna Kulit Tidak Merata [EBG]Sunscreen dapat mencegah kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan warna kulit tidak merata. (Foto: Istockphoto/bymuratdeniz)

Paparan sinar UV adalah penyebab utama melasma alias warna kulit tak merata. Untuk mengatasinya, pastikan kulit Anda terlindungi dengan sunscreen atau tabir surya. Melansir Elle, sedikit saja kulit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan (dalam hal ini tabir surya) bisa memperburuk pigmentasi.

Ultraviolet menstimulasi hormon untuk memproduksi melanin. Alhasil, melanin yang terdapat di bawah lapisan epidermis memunculkan titik hitam pada kulit. Walau beberapa sumber menyatakan hal tersebut wajar, baiknya agar tetap melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB.

Pada kemasan produk sunscreen, tercantum beragam angka SPF mulai dari SPF 15 hingga 50+. SPF alias Sun Protector Factor menentukan durasi kemampuan sunscreen melindungi kulit dari sinar UV.

Semakin tinggi angka SPF, semakin lama sunscreen mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Jika Anda menggunakan SPF rendah saat berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama, aplikasikan sunscreen berulang kali agar kulit terlindungi dari paparan UV.

2. Jaga kelembapan kulit
Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata [EBG]Salah satu kunci untuk memiliki kulit sehat adalah menjaga kelembapannya. (Istockphoto/simarik)

Kelembapan selalu menjadi jurus untuk memiliki kulit sehat. Terkait faktor usia sebagai salah satu penyebab pigmentasi, semakin bertambahnya usia, kulit semakin rentan kering. Alhasil, kulit mudah mengalami hiperpigmentasi alias bercak gelap.

"Sinar matahari secara kronis menyebabkan kerusakan pada permukaan kulit, sehingga orang yang sering terpapar sinar matahari perlu melembapkan kulit," ujar dermatolog dari Australasian College of Dermatologists (ACD) John Frew.

Untuk menjaga kelembapan kulit, baiknya Anda rajin menggunakan pelembap serta cleanser yang menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Selain itu, tak hanya menghidrasi tubuh, perbanyak minum air putih juga melembapkan kulit.

3. Buang kulit mati
Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata [EBG]Membuang kulit mati yang menyumbat pori bisa memaksimalkan penggunaan serum dan pelembap hingga warna kulit lebih merata. (Istockphoto/robertprzybysz)

Melansir situs Dermatologica, mengeksfoliasi kulit mati dapat mengatasi warna kulit tak merata. Membuang kulit mati yang menyumbat pori membantu serum dan pelembap terserap dengan baik oleh kulit. Alhasil, perlindungan kulit dari warna tak merata pun maksimal.

Melansir Stylecraze, Anda bisa membuat produk masker dan homemade scrub, misalnya campuran susu dan baking soda; lemon dan gula; madu dan oatmeal. Tak perlu merogoh kocek untuk membeli face scrub mahal. Dengan bahan sederhana yang tersedia di rumah pun Anda bisa mencegah warna kulit tak merata.


4. Perhatikan kandungan pada produk kecantikan
Sudah menjadi rahasia umum kualitas produk make-up dan skincare memengaruhi kondisi kulit. Tak hanya disebabkan oleh jerawat dan jenis kulit kering atau berminyak, kandungan produk turut menentukan kerentanan kulit terhadap pigmentasi.

Untuk mengatasi warna kulit tak merata, gunakanlah produk dengan kandungan arang aktif atau activated charcoal untuk menyerap dan membuang kotoran akibat polusi serta radikal bebas; oligopeptides, niacinamide, dan zinc glycinate untuk mengontrol produksi melanin; retinol untuk merangsang kolagen.

5. Konsumsi makanan kaya antioksidan agar warna kulit merata
Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata [EBG]Selain berfungsi mengurangi kerutan, makanan antioksidan juga melindungi kulit wajah dari radikal bebas. (Brooke Lark via StockSnap)

Melansir Stylecraze, antioksidan berfungsi mengurangi kerutan, mencegah risiko peradangan pada wajah, serta melindungi kulit dari radikal bebas. Untuk itu, konsumsilah makanan kaya antioksidan seperti beri-berian, cokelat hitam, kismis, kurma, jeruk, dan anggur sebagai upaya pencegahan dari dalam.

6. Berolahraga
Cara Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata [EBG]Olahraga tidak secara langsung membantu warna kulit lebih merata, tapi membantu pembuangan sisa sel kulit mati. (istock/lzf)

Olahraga memiliki efek baik bagi seluruh organ tubuh, tak terkecuali kulit, lho. Dermatolog Ellen Marmur menyatakan olahraga memang tak berkerja langsung menyingkirkan bahaya radikal bebas pada kulit. "Dengan melancarkan sirkulasi darah, olahraga membantu pembuangan sisa sel kulit mati," ujar Marmur.

Olahraga membantu Anda mengatasi pigmentasi dengan mengikis sel kulit mati. Sebagaimana yang kita semua tahu, olahraga menjadi jurus untuk sehat luar dan dalam.

Dengan merawat diri dari luar dan dalam akan mengoptimalkan kesehatan serta kecantikan kulit. Tetap jaga asupan makan, rutin berolahraga, dan menggunakan produk perawatan agar terhindar dari warna kulit yang tidak merata. 


(vid/fef)