Mengenal Apa Itu Serum Wajah dan Cara Pemakaiannya

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 18:56 WIB
Mengenal Apa Itu Serum Wajah dan Cara Pemakaiannya Hal yang perlu diketahui mengenai serum wajah (Foto: Istockphoto/EdwardDerule)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu produk yang paling esensial dari rangkaian perawatan wajah adalah serum. Cairan serum mengandung banyak konsentrat yang bermanfaat untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Meskipun serum sudah menjadi barang yang wajib digunakan, terdapat lima hal penting yang harus diketahui agar tak sembarangan memilih dan menggunakan serum.

Apa itu serum dan apa kegunaannya?
Mengenal Apa Itu Serum Wajah dan Cara Pemakaiannya [EBG]Salah satu fungsi serum adalah mengurangi kerutan. (Istockphoto/phasinphoto)

Dilansir dari rochellebeautycenter, serum merupakan zat cair yg formulanya terdiri atas asam amino, air, dan emulasi (air di dalam minyak atau minyak di dalam air). Biasanya, serum mengandung beragam formula pendukung sehingga dapat meresap ke lapisan terdalam kulit.

Molekul dari formula zat tersebut merupakan partikel kecil dan cara kerjanya jauh lebih tinggi 10 kali lipat dari krim wajah biasa. Wajar apabila harga serum biasanya yang relatif mahal.


Serum memiliki manfaat bagi wajah seperti mengencangkan struktur kulit, melembapkan, menyamarkan kerutan, mencegah penuaan dini serta menghaluskan dan mencerahkan warna kulit.


Apa beda serum dengan pelembap?

Sebotol serum umumnya berukuran jauh lebih kecil dari pelembap wajah biasa. Bahan-bahan aktif inilah yang memiliki peran besar dalam menentukan perbedaan ukuran antara sebuah serum wajah dengan pelembap wajah pada umumnya.

Serum jelas berbeda dengan lotion. Perbedaan terbesar antara keduanya adalah formulasi yang ada dan tidak ada di keduanya.

Serum wajah tidak mengandung bahan-bahan pelembap oklusif alias kedap udara, seperti petrolatum atau mineral oil yang melindungi air dari penguapan. Sebotol serum juga mengandung lebih sedikit pelumas dan pengental, seperti kacang atau minyak biji-bijian. Sementara kebanyakan produk serum wajah berbahan dasar air dan menghilangkan unsur minyak sama sekali yang dapat menyumbat pori dan menyebabkan jerawat.

Bagi pemilik kulit berminyak, serum cocok untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Serum ini menyediakan segala kebaikannya demi kulit sehat tanpa campur tangan minyak, yang umum ditemukan pada pelembap wajah.

Artinya, serum memberikan perawatan spesifik untuk area yang bermasalah akibat pecahnya pembuluh kapiler, noda hitam, dan masalah kulit lainnya, tanpa harus mencemaskan minyak berlebih.

Benarkah serum cepat expired?

Hal yang Perlu Diketahui mengenai Serum WajahUsahakan untuk segera menghabiskan serum setelah dibuka. Masa efektif serum berkisar enam bulan. (Foto: istockphotos/MicroStockHub)

Serum mengandung bahan ascorbic acid atau vitamin C yang mudah teroksidasi ketika terkena udara. Semakin lama kerja serum akan semakin kurang efektif setelah botol dibuka.

Namun kini telah banyak bahan yang dimodifikasi untuk mempertahankan keawetan dan tidak mengurangi khasiat serum. Setidaknya serum akan tetap dalam kondisi baik dalam enam bulan dan simpan di tempat sejuk dan kering.


Bagaimana pengaplikasian serum?
Mengenal Apa Itu Serum Wajah dan Cara Pemakaiannya [EBG]Beda dari pelembab wajah, hanya butuh satu atau dua tetes serum untuk mendapatkan khasiatnya. (Istockphoto/Wavebreakmedia)

Cara untuk mengaplikasikan serum pada wajah adalah secukupnya saja. Gunakan 1-2 tetes dan ratakan pada seluruh area wajah. Jangan lupa memberikan serum pada bagian leher.

Aplikasikan serum pada permukaan kulit yang bermasalah dua kali sehari-pagi dan malam. Serum tidak akan bekerja efektif jika Anda berlebihan atau salah dalam menggunakannya.

Berikut cara menggunakan serum dengan benar:
Mengenal Apa Itu Serum Wajah dan Cara Pemakaiannya [EBG]Mencuci muka adalah salah satu tahapan pertama menggunakan serum. (Istockphoto/skynesher)


Cuci muka seperti biasa, bilas dengan air hangat, dan lap dengan handuk bersih. Tunggu sekitar satu menit sebelum melanjutkan ke langkah perawatan berikutnya.

Bersihkan wajah dengan toner untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang membandel, serta menyeimbangkan pH kulit. Tunggu 1-2 menit sampai kulit dalam keadaan masih lembap, namun tidak terlalu basah dari toner.

Segera aplikasikan serum. Kulit lembap akan lebih mudah menyerap produk daripada dalam kondisi kering. Aplikasikan toner dengan pijatan telapak tangan terbuka, bukan dengan jari supaya serum lebih efisien melepaskan bahan-bahan aktifnya ke dalam kulit. Tunggu 2-3 menit. Jika meninggalkan residu lengket atau berminyak di kulit, tandanya serum tidak bekerja dengan baik.

Setelah itu, baru lanjutkan rutinitas perawatan wajah lanjutan seperti krim mata, tabir surya, dan/atau pelembap.

Hangatkan pelembap dengan kedua tangan Anda untuk mengaktifkan bahan-bahannya, kemudian pijat dengan gerakan ke atas, dimulai dari bagian tengah wajah menuju garis rambut-tempat kelenjar getah bening-untuk mendorong proses detoksifikasi.

Cara menggunakan serum yang benar ini bisa membantu Anda mendapatkan manfaat maksimal dari serum.

(ana/fef)