Kiat Mikha Tambayong Jaga Kesehatan Jantung

Fersita Facette & tim, CNN Indonesia | Rabu, 31/07/2019 20:49 WIB
Kiat Mikha Tambayong Jaga Kesehatan Jantung Mikha Tambayong di acara Heart at Work dari Yayasan Jantung Indonesia, di CNN Indonesia, Jakarta, 31 Juli 2019. (Foto: CNN Indonesia/ Puput Tripeni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktivitas yang padat di dunia hiburan dan pendidikan tak membuat Mikha Tambayong abai pada kesehatan, terutama kesehatan jantung. Apalagi kini artis berusia 24 tahun itu berstatus sebagai Duta Yayasan Jantung Indonesia.


Bagi Mikha, kesehatan adalah hal yang penting agar bisa menjalani semua kegiatan tanpa hambatan. Untuk menjaga kesehatan jantungnya, Mikha sehari-hari menerapkan gaya hidup sehat. Hal pertama yang dilakukan adalah meneguhkan komitmen untuk memulai hidup sehat.

"Semua komitmen dan mindset itu harus ditetapkan. Itu semua harus ada di otak biar tidak mudah goyah. Niat itu kuncinya," kata Mikha dalam Heart at Work di CNN Indonesia, Jakarta, Rabu (31/7).



Komitmen menjalani gaya hidup sehat mesti diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari rutin melakukan latihan fisik, mengonsumsi makanan sehat, dan tidak merokok. Setiap bangun tidur Mikha selalu menyempatkan diri untuk lari pagi atau jogging di lingkungan rumahnya. Saat memiliki banyak waktu senggang, Mikha mengaku mengikuti kelas olahraga di pusat kebugaran.

Jika tak sempat keluar rumah, Mikha mencari alternatif dengan olahraga di rumah sambil melihat YouTube.

"Sekarang serba mudah. Kalau kesiangan aku biasanya nonton YouTube, modal matras, kaus kaki, dan sepatu, lalu olahraga 30 menit saja cukup," ujar pelantun lagu Berpisah itu Mudah.


Mikha menjelaskan olahraga dapat menjaga kesehatan jantung karena membuat tubuh aktif bergerak serta membakar lemak dan kolesterol. Sebab keduanya merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung.

Perkara makanan, artis yang terkenal lewat sinetron Kepompong itu mengaku selalu mengonsumsi makanan sehat. Mikha rutin mengonsumsi jus buah atau sayur setiap hari. Selain itu, Mikha juga memilih untuk tidak merokok meski banyak godaan di dunia hiburan.

Mikha mengatakan gaya hidup sehat ini dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

"Kalau gaya hidup sehat sudah benar, ini akan meminimalkan risiko di masa depan. Saat tubuh sehat, organ-organ termasuk jantung juga akan sehat," ucap Mikha.


(ptj)