Tips Utak-atik Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 05:09 WIB
Tips Utak-atik Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak Ilustrasi. Banyak hal yang memengaruhi proses tidur, termasuk di antaranya dekorasi kamar. (davidlee770924/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak semua orang beruntung bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup. Beberapa justru berjuang melawan insomnia yang menyerang di malam hari.

Padahal, tidur sangat penting untuk kesehatan. Ahli kesehatan, Matthew Schmitt mengatakan, tidur membantu memulihkan dan merevitalisasi fungsi organ tubuh yang penting setelah padatnya aktivitas harian. "Kita perlu tidur yang baik," kata dia.

Banyak hal yang memengaruhi proses tidur seseorang. Mulai dari kondisi psikis hingga dekorasi kamar. Meski sepele, namun kamar tidur penting untuk kesehatan dan ketenangan jiwa seseorang.


"Kamar menjadi tempat paling privasi yang Anda miliki," ujar desainer interior, Nishi Donovan. Kamar menjadi satu-satunya tempat untuk menemukan kedamaian setelah lelah dengan rutinitas harian.

Berikut adalah beberapa trik yang dapat Anda aplikasikan pada kamar untuk membantu proses tidur yang lebih mudah, melansir CNN.

1. Singkirkan barang yang mengganggu
Tidur adalah satu-satunya kata yang muncul dalam pikiran saat tubuh memasuki kamar. Ruang kamar yang terlalu berantakan dan dipenuhi oleh banyak barang hanya akan menimbulkan kecemasan.

Ilustrasi. Kamar yang terlalu berantakan dan dipenuhi oleh tumpukan barang hanya akan membuat Anda sulit tidur. (iStock/Vera_Petrunina)
"Rasa cemas akan muncul ketika Anda berjalan ke sebuah ruangan atau kamar yang dipenuhi oleh barang-barang," ujar Donovan. Mengurai dan menyingkirkan barang-barang yang mengganggu dapat menciptakan perasaan damai.

Sebuah studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari St Lawrence University menemukan bahwa orang-orang yang tidur di dalam kamar berantakan lebih mungkin mengalami insomnia di malam hari.

"Kondisi mental saat Anda memasuki kamar tidur itu sangat penting. Tidur adalah proses yang kompleks," ujar Schmitt.

2. Cahaya minimal
Gelap adalah kondisi terbaik untuk mendapatkan tidur yang cukup. Donovan mengatakan, kehadiran cahaya dapat mengganggu ritme sirkadian seseorang.

Ritme sirkadian mengatur siklus tidur seseorang. Dalam kegelapan, suhu tubuh manusia menurun, metabolisme melambat, dan hormon melatonin meningkat untuk membantu proses tidur.

Selain selalu mematikan lampu saat tidur, Donovan juga menyarankan untuk fokus pada dekorasi jendela kamar. Gunakan tirai yang dapat menghadang masuknya cahaya apa pun dari luar.

3. Pilihan warna
Tak semua warna berlaku sama pada semua orang. Hijau belum tentu memberikan efek menenangkan pada semua orang dengan cara yang sama.

Donovan menyarankan untuk lebih berhati-hati memilih warna. Pilih warna berdasarkan kepribadian Anda untuk mencapai ketenangan yang sangat intim.

4. Kondisi kamar dan tempat tidur
Ruangan yang sejuk dapat membantu proses tidur dengan lebih cepat. Schmitt mengatakan, suhu optimal untuk tidur berkisar antara 19-22 derajat Celcius. Hal ini dapat diakali dengan penggunaan AC di dalam kamar tidur.

Selain itu, kasur juga penting untuk membantu proses tidur. Donovan menyarankan Anda untuk menggunakan seprai berbahan kain katun bambu atau kain tencel. "Mereka [katun bambu dan tencel] lembap, jadi Anda tak perlu khawatir berkeringat saat bangun," ujarnya.

Soal aroma, Donovan juga menyarankan Anda untuk menyemprot seprai dengan minyak esensial. Seprai yang wangi akan melepaskan sejumlah hormon yang membantu mengurangi stres.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)