Tips Memilih Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dimiliki

Tim, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 17:25 WIB
Tips Memilih Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dimiliki Belanja perlengkapan bayi memang menyenangkan. Namun jika hasrat itu dibiarkan dan tidak cermat bisa-bisa pengeluaran membengkak, terlebih salah membeli barang. (TawnyNina/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Detik-detik menjelang kelahiran bayi adalah hal yang paling ditunggu oleh kebanyakan pasangan suami-istri. Rasa bahagia dan antusiasme itu mendorong calon orang tua menyiapkan dan memilih perlengkapan bayi yang tepat.

Perlu diketahui, banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk si jabang bayi yang akan lahir. Mulai dari perlengkapan kelahirannya, peralatan tidur, makan, popok, dan sebagainya.

Memang, membeli perlengkapan bayi apalagi untuk yang pertama kalinya sangat menyenangkan. Namun jika hasrat tersebut dibiarkan bisa-bisa pengeluaran membengkak, dan jika tidak cermat akan berisiko membeli barang yang salah atau tidak perlu.



Nah, sebelum mulai berbelanja, pastikan Anda mengetahui dengan pasti kebutuhan fungsinya bagi bayi. Berikut kiat memilih perlengkapan bayi yang tepat namun tetap hemat.

1. Kereta bayi (baby stroller)

Kiat Memilih Perlengkapan Bayi yang Hemat dan Tepat [EBG]Ilustrasi. Stroller merupakan salah satu perlengkapan bayi yang mahal, maka itu carilah yang berkualitas bagus dan pertimbangkan sebagai investasi untuk digunakan oleh generasi selanjutnya. (Foto: REUTERS/Mario Anzuoni)

Kereta bayi mungkin adalah investasi terbesar dari semua peralatan bayi. Kereta bayi yang bagus bisa bertahan cukup awet dan dapat digunakan untuk beberapa generasi keluarga selanjutnya.

Saat membeli kereta bayi, ingatlah untuk mencari beberapa ulasan mengenai harga dan kualitas, serta perbandingan beberapa merek rekomendasi kereta bayi yang beredar di pasaran. Karena ada juga tipe kereta bayi yang disesuaikan kondisi lingkungan sekitar.

Jika tidak mau menghabiskan uang untuk kereta bayi baru yang harganya cukup mahal, membeli kereta bayi bekas bisa menjadi opsi yang bijaksana.


2. Kasur bayi
Terkadang memilih kasur bayi seringkali disepelekan. Jangan selalu memilih kasur yang empuk karena kasur yang empuk sekalipun tidak menjamin bayi merasa nyaman.

Ada baiknya memilih bahan kain seprei kasur yang terbuat dari katun dan bantalan kasur yang mudah dicuci. Selain itu, pertimbangkan kekuatan dan kelembutan kasur tersebut dalam menopang tubuh bayi saat tidur.

Tidak disarankan untuk membeli kasur bekas, tetapi jika terpaksa pastikan bahwa kasur tidak pernah digunakan untuk hewan peliharaan misalnya kucing atau bekas pakai pemilik seseorang perokok.

3. Tidak perlu bak mandi bayi mewah
Kiat Memilih Perlengkapan Bayi yang Hemat dan Tepat [EBG]Ilustrasi. Sebenarnya tak perlu membelikan bathtub khusus bayi, cukup gunakan bathtub yang ada di rumah atau ember besar karena bayi hanya akan menggunakannya hingga berumur satu tahun. (Foto: quinntheislander/Pixabay)

Tidak perlu membeli bak mandi bayi yang mewah. Sebab bak mandi hanya akan digunakan hingga bayi berumur 12 bulan saja. Bak mandi menjadi salah satu perlengkapan bayi termurah yang bisa dibeli, tetapi ada juga bak mandi yang cukup mahal harganya.

Jika tidak ingin membeli bak mandi, bisa mandikan bayi di bathtub besar atau ember lebar. Sangat mudah untuk belajar menggendong bayi sambil memandikannya. Jadi hematlah dan tak perlu membeli peralatan mandi bayi dengan harga yang tak masuk akal.


4. Gendongan bayi
Gendongan bayi adalah salah satu alat penting dari semua perlengkapan bayi yang ada. Kebanyakan, bayi akan benar-benar ingin dekat dengan orang tua ketika berumur 3 bulan. Ini akan membuat orang tua merasa kerepotan jika harus melakukan aktivitas lain sambil menggendong bayi tanpa gendongan bayi.

Gendongan bayi berfungsi mendekatkan kontak antara orang tua dan anak. Selain itu, memudahkan pergerakan orang tua meski harus sambil menggendong bayi.

Pilih bahan dan tipe gendongan yang tepat untuk si bayi, karena masing-masing bayi punya posisi nyaman yang berbeda-beda saat digendong menggunakan gendongan bayi. Pastikan gendongan membuat nyaman si bayi hingga bisa membuatnya tertidur.

5. Belanja online

Kiat Memilih Perlengkapan Bayi yang Hemat dan Tepat [EBG]Ilustrasi. Sekarang online marketplace menjadi primadona untuk aktivitas berbelanja karena menawarkan kemudahan, opsi barang yang lengkap, sekaligus mendapatkan harga yang murah. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Belanja online bisa menghemat keuangan hingga 50 persen lebih murah ketimbang membeli langsung ke toko perlengkapan bayi. Belanjalah di toko online yang tepercaya menjual peralatan bayi. Sebelum memutuskan membeli, pelajari material atau bahan dasar setiap barang tersebut dan carilah referensi bahan apa saja yang aman digunakan oleh bayi.

Meski belanja online lebih murah, jangan tergoda dengan harga yang sangat murah. Bisa jadi malah mendapatkan barang palsu dan bahan yang berbahaya bagi bayi. Carilah barang yang ingin dibeli ke beberapa toko online dan selalu bandingkan dengan harga di toko offline.

Nah, lima kiat di atas perlu diperhatikan untuk memilih perlengkapan bayi yang harus dibeli. Ternyata menyiapkan keperluan bagi calon buah hati tidak asal-asalan, bukan? Sebab belanja peralatan bayi juga harus disesuaikan dengan dana agar uang yang keluar tidak sia-sia dibelanjakan pada barang yang kurang penting.

(paz/fef)