FOTO: Semarak Festival Persahabatan Indonesia-Jepang

Bisma Septalisma, CNN Indonesia | Minggu, 08/09/2019 13:28 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Festival Jak-Japan Matsuri 2019 berlangsung di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Jakarta, hingga 8 September 2019.

Salah satu cosplayer di festival Jak-Japan Matsuri 2019 yang diadakan di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (7/9). )CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Pengunjung menikmati berbagai kesenian Jepang yang dihadirkan di festival Jak-Japan Matsuri 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Sejumlah penari tengah melakukan tarian Odori. Bon Odori adalah tarian rakyat untuk menyambut para arwah leluhur kembali. Penari menciptakan ilusi menari dengan roh para leluhurnya. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Peserta bersiap untuk melakukan ritual Mikoshi atau arak-arakan tandu yang dipercaya dinaiki oleh roh leluhur. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Festival Jak-Japan Matsuri digelar setiap tahunnya untuk memeringati hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Mengusung tema sama seperti tahun lalu “Indonesia & Japan Always Together”, festival ini memiliki makna bahwa Jepang dan Indonesia akan selalu bekerja sama bahu-membahu dalam segala hal. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Festival tahun ini dibagi menjadi tiga zona yaitu Stage Area, Exchange dan Experience. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Experinence merupakan area untuk mencoba kebudayaan Jepang, layaknya menulis kaligrafi, suika wari yang berarti permainan memecahkan semangka, mengenakan yukata, dan bermain engrang bambu. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Exchange merupakan area untuk melihat atraksi kebudayaan Jepang, seperti pertunjukan bela diri Judo, atraksi Samurai asli dari Jepang, sampai pertunjukan parade Mikosh. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Zona Stage menampilkan pagelaran seni dari Jepang dan Indonesia, seperti pertunjukan teater dan musik ala Jepang dan juga tari-tarian daerah Indonesia. Ada juga performance dari JKT 48 dan artis Eva Celia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)