5 Panduan Belanja Kosmetik di 'Drugstore' Jepang

CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 18:09 WIB
5 Panduan Belanja Kosmetik di 'Drugstore' Jepang Area pertokoan di Shibuya, Jepang. (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sama seperti Korea Selatan, Jepang juga dikenal sebagai destinasi belanja kosmetik yang murah meriah. Drugstore (toko obat) lokal di Jepang menjadi salah satu destinasi wisata belanja karena menjual kosmetik, perawatan kulit, sampai alat tata rias.

Selain murah meriah, kosmetik yang dijual di Negara Sakura juga dikenal berkualitas tinggi.

Bagi yang baru pertama kali ke Jepang dan berniat memborong kosmetik populer di Jepang, berikut sejumlah panduannya:



1. Toko obat lokal

Selain Matsumoto Kiyoshi, toko obat yang populer dan mudah ditemui di Jepang ialah Welcia, Fit Care, Ainz & Tulpe, Don Quijote, Daikoku Drug, Sun Drug, OS Drug, Loft, Plaza, Cosme, It's DEMO, THREE Cosmetics, Isetan, dan KoKuMiN.

Matsumoto Kiyoshi terbilang yang paling mudah ditemui. Jaringan toko yang lambangnya berwarna kuning ini bisa ditemui dekat jalan Takeshita, persimpangan Shibuya, sampai pintu keluar timur Stasiun Shinjuku.

[Gambas:Instagram]

2. Buat daftar belanja

Merek kosmetik Jepang sangatlah beragam. Sebelum bingung mencarinya - terutama juga akibat kendala bahasa, sebaiknya buat daftar barang yang mau dibeli terlebih dahulu.

Agar tak boros uang atau ruang sisa di koper, sebaiknya beli barang yang jarang ada di Indonesia, seperti perawatan kulit atau alat tata rias yang futuristik.

5 Panduan Belanja Kosmetik di 'Drugstore' JepangArea belanja di Harajuku, Jepang. (Istockphoto/Tomsmith585)

3. Beli kemasan isi ulang

Ada banyak kosmetik dalam kemasan isi ulang yang dijual di toko obat Jepang.

Selain menghemat dompet dan ruangan koper, membeli kemasan isi ulang juga bisa menghindari rasa penyesalan atau mungkin iritasi jika kosmetik yang dibeli tidak cocok.


4. Bawa paspor

Jika berbelanja lebih dari 5.000 yen, turis berhak mendapatkan pengembalian pajak (tax refund) saat berbelanja.

Syaratnya, belanjalah di toko yang memiliki tanda 'tax free' dan tanya kepada kasir cara mendapatkan pengembalian pajak.

5. Belanja online atau jastip

Sama seperti destinasi wisata lain, tentu saja ada aturan membawa benda cair di bandara Jepang.

Kalau malas mengemas koper atau berurusan dengan petugas keamanan bandara, bisa juga membeli kosmetik khas Jepang melalui online, salah satunya melalui situs belanja atau jasa titip beli (jastip).


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)