Speak Up Melly Goeslaw Jadi Cara Tepat Atasi Cyber Bullying

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 15:04 WIB
Speak Up Melly Goeslaw Jadi Cara Tepat Atasi Cyber Bullying Ilustrasi. Speak up seperti yang dilakukan Melly Goeslaw menjadi cara tepat untuk mengatasi cyber bullying. (Istockphoto/Serghei Turcanu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Alih-alih diam menerima cyber bullying begitu saja, musisi Melly Goeslaw memilih untuk berbicara atau speak up mengungkapkan masalah yang dialaminya.

Melly Goeslaw menerima cyber bullying dari rekan sesama selebriti yang menirukan gaya berpakaiannya saat pesta Halloween. Melly lalu mengutarakan perasaan dan pendapatnya lewat sebuah unggahan di media sosial.

Psikolog Mira Amir mengatakan, speak up menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengatasi bullying. "Speak up dalam artian mampu mengungkapkan hal yang sebenarnya," ujar Mira kepada CNNIndonesia.com, Jumat (1/11).

Cyber bullying atau perundungan siber merupakan bentuk intimidasi yang dilakukan melalui perangkat digital dan internet, seperti SMS, media sosial, dan gim. Cyber bullying meliputi mengirim, mengunggah, berbagi konten negatif, berbahaya, palsu, dan merendahkan orang lain.

Secara sederhana, speak up bisa dilakukan dengan mengungkapkan 'saya tidak nyaman diperlakukan seperti ini'. Cara seperti ini merupakan salah satu bentuk perilaku atau sikap asertif.


Sikap asertif ditunjukkan dengan mampu mengungkapkan keadaan diri saat menerima perundungan, tanpa menyerang pihak lain. Perilaku asertif ini ditandai dengan teknik 'I communication' atau 'komunikasi saya'.

"Teknik ini mengungkapkan apa yang kita rasakan tanpa menyalahkan orang lain sehingga tidak ada yang tersudut. Bukan dengan cara agresif atau menyerang seperti 'lo tuh ya salah'," tutur Mira.

Menurut Mira, cara yang agresif untuk melawan perundungan hanya akan memperkeruh suasana dan merusak hubungan.

Melly Goeslaw, misalnya, mengungkapkan perasaan yang dirasakannya saat menerima perundungan tersebut.

"Orang bisa suka atau gak suka dengan cara kalian berpesta, dan harus ada yang kayak saya berani negur kalian, sebagaimana kalian berani ketawa-ketawain orang yang jadi saya di muka umum dan di medsos. Saya doain semoga kalian gak mengalami hal yang sama seperti saya, sepele buat kalian tapi dalem banget buat saya," tulis Melly di sebuah unggahan Instagram. Kini, Melly mengaku sudah memaafkan rekan-rekannya tersebut.

Untuk mencegah cyber bullying terulang, Mira menyarankan agar setiap orang dapat belajar dari kasus tersebut.

"Setiap perilaku kita bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi orang lain. Selalu pertimbangkan apa yang kita lakukan, katakan, dan tampilkan. Ini bisa berdampak bagi orang lain," ujar Mira.

[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)