Cara Tepat Berkencan dengan Teman Online

Tim, CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 18:05 WIB
Cara Tepat Berkencan dengan Teman Online Ilustrasi. Cara berkencan dengan teman online yang tepat dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan pasangan. (Istockphoto/Ravi_Goel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak perlu takut berkenalan dengan orang baru melalui aplikasi kencan. Cara berkencan dengan teman online yang tepat dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan pasangan.

Namun, perlu diingat untuk tetap waspada dan selalu mengecek setiap informasi agar tak berujung penipuan.

Berikut beberapa cara yang bisa dijadikan panduan.

1. Seleksi
Algoritma aplikasi kencan daring membantu menyortir pengguna yang sesuai dengan preferensi dan kesamaan profil. Dari sejumlah pilihan itu, seleksi kembali pengguna yang disukai dan dianggap cocok.

"Aplikasi kencan daring memudahkan untuk belanja kecocokan dengan A, B, dan C. Ini bisa dilihat dari foto profil dan biodata diri," kata pengamat dan peneliti sosial vokasi Universitas Indonesia, Devie Rahmawati kepada CNNIndonesia.com.

Seleksi kembali orang yang ingin diajak berbicara lebih lanjut dengan melihat biodata diri seperti pekerjaan, pendidikan, usia, hingga agama.

2. Komunikasi
Mulai lah komunikasi dengan menyapa dan membahas hal-hal ringan seperti aktivitas, pekerjaan, dan hobi. Buat lah pembicaraan mengalir agar nyaman satu sama lain.

Jangan terburu-buru untuk berpindah ke platform pesan instan. Pindah media dapat dilakukan jika sudah benar-benar cocok. Jangan pula memberikan informasi-informasi yang bersifat pribadi sebelum benar-benar saling mengenal.

3. Verifikasi
Selalu cek kebenaran informasi yang diberikan. Misalnya, memastikan pekerjaan dan pendidikan orang tersebut. Pastikan informasi tersebut benar-benar valid untuk membuktikan orang itu dapat dipercaya.

"Jangan mudah percaya begitu saja. Semakin sedikit informasi yang diketahui tentang hal-hal pribadi orang lain, semakin mereka tak bisa dipercaya," ujar konselor pernikahan Personal Growth, Veronica Adesla kepada CNNIndonesia.com.

Verifikasi merupakan salah satu cara agar berkencan dengan teman online tak berujung nestapa. Biasakan untuk melakukan verifikasi dari beberapa sumber yang dapat memastikan informasi yang didapat.

4. Bertemu secara langsung
Sebelum memutuskan melanjutkan hubungan ke tahap yang lebih serius, pastikan untuk bertemu secara langsung. Pertemuan akan memastikan kecocokan saat tatap muka.

"Cocok secara daring tak menjamin cocok juga saat bertemu," kata Devie. Pertemuan secara langsung penting untuk memastikan kecocokan lima pancaindra.

Panduan untuk kopi darat atau bertemu secara langsung dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini: jangan terburu-buru untuk memutuskan bertemu secara langsung, bertemu di tempat umum, memberi tahu teman atau keluarga tentang pertemuan, dan mengetahui transportasi dari dan menuju tempat pertemuan. Segera pergi jika merasa tidak nyaman atau terdapat hal yang mencurigakan.

Anda bisa melakukan empat cara berkencan dengan teman online ini untuk terhindar dari kasus-kasus yang tidak diinginkan seperti penipuan.

Tulisan ini merupakan bagian dari fokus 'Jodoh Tinggal Swipe'.


[Gambas:Video CNN] (ptj/asr)