6 Solusi Ketika Terdampar di Bandara

CNN Indonesia | Kamis, 07/11/2019 19:23 WIB
6 Solusi Ketika Terdampar di Bandara Ilustrasi. (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Drama yang sedang terjadi antara maskapai Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia mengakibatkan pembatalan belasan penerbangan Sriwijaya Air pada Kamis (7/11).

Penumpang yang sudah membeli tiket dan hadir di bandara dikabarkan terdampar karena terjadi penundaan sampai pembatalan penerbangan di sejumlah destinasi wisata Indonesia.

Terdampar di bandara merupakan mimpi buruk yang bisa saja mendadak dialami pelancong. Kejadian yang mirip sempat terjadi beberapa waktu yang lalu saat agen perjalanan asal Inggris Raya, Thomas Cook, menyatakan pailit.



Sementara itu di Indonesia, kondisi terdampar di bandara bisa saja terjadi saat bencana alam terjadi, seperti saat gunung meletus atau gempa bumi.

Jika terpaksa terdampar di bandara karena mengalami penundaan atau pembatalan penerbangan, berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan:

1. Tetap santun

Ketinggalan pesawat atau mengalami penundaan penerbangan memang menyebalkan dan membuat kesal. Tapi sebaiknya tahan emosi dan jangan menularkan amarah kepada orang lain, terutama kepada petugas bandara.

Tetaplah ramah kepada mereka, sehingga bisa didahulukan saat meminta bantuan.

2. Istirahat

Penumpukan penumpang sudah pasti terjadi saat ada penundaan penerbangan. Kalau pesawat berikutnya masih belum pasti datang, sebaiknya cari area duduk yang nyaman agar bisa istirahat sejenak dari keruwetan yang terjadi.

Tanya kepada petugas maskapai mengenai kepastian penerbangan selanjutnya. Kalau lebih dari enam jam, tak ada salahnya keluar sedikit uang untuk bersantai di lounge atau hotel bandara.

3. Mengunggah cuitan

Selain menjalin komunikasi dengan petugas di bandara, ada baiknya mengutarakan keluhan - dengan cara yang santun tentu saja, ke media sosial maskapai, badan pariwisata, atau media lokal destinasi terkait.

Solusi memang tidak langsung didapat, tapi setidaknya ada pihak lain di luar bandara yang mengetahui kondisi yang sedang terjadi.


4. Ketahui hak

Sebelum menuntut kewajiban maskapai, ada baiknya mengetahui hak yang didapat penumpang saat mengantongi tiket. Baca baik-baik syarat dan ketentuan yang ditulis dalam tiket, sehingga bisa menyiapkan argumen yang tepat.

Jika ingin lebih aman, ada baiknya juga sekaligus membeli asuransi perjalanan saat memesan tiket dan akomodasi.

5. Persiapkan kebutuhan

Makanan, minuman, bacaan, alat pemutar musik dan menonton film bisa disiapkan sebagai kebutuhan selagi menunggu di bandara.

Ketahui juga letak area mengisi daya listrik, sehingga tidak terlalu sering menggunakan powerbank - yang bisa disimpan untuk kebutuhan mendadak.

6. Jelajahi bandara

Pengelola bandara biasanya menyediakan fasilitas dan layanan bagi penumpangnya yang sedang menunggu penerbangan, baik itu transit atau tertunda.

Jika masih punya banyak energi, tidak ada salahnya keliling bandara untuk menyegarkan badan.

Jangan lupa tetap pasang telinga kalau ada pemberitahuan mendadak mengenai kondisi terkini penerbangan yang bakal ditumpangi.


[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)