5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Operasi Caesar

tim, CNN Indonesia | Jumat, 15/11/2019 20:14 WIB
5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Operasi Caesar ilustrasi operasi( Istockphoto/gorodenkoff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda bergembira setelah kelahiran anak kedua mereka. Selvi melahirkan dengan proses Caesar atau operasi sesar. Perempuan yang sudah pernah melakukan proses caesar saat melahirkan anak pertamanya Jan Ethes, kembali melahirkan dengan cara yang sama.

Kebanyakan operasi Caesar sudah direncanakan sebelumnya, baik tanggal maupun jamnya. Oleh karena itu, agar operasi sesar berjalan dengan lancar terdapat beberapa persiapan dan tips yang dapat dilakukan.

Berikut 5 tips yang dapat dilakukan untuk persiapan operasi Caesar:


1. Batasi makanan 
Batasi makanan berat selama delapan jam sebelum melakukan operasi caesar. Hal ini berguna untuk mencegah kemungkinan muntah dan komplikasi paru-paru.

Sebagai gantinya, pasien boleh minum air putih atau jus dan minuman olahraga. Ikuti juga perintah dokter mengenai makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi sebelum tindakan Caesar. Jika tidak, besar kemungkinan operasi dapat ditunda.



2. Mandi dengan sabun khusus
UT Southwestern Medical Center merekomendasikan pasien untuk mandi dengan sabun khusus pada malam atau pagi hari sebelum operasi Caesar. Mandi dengan sabun khusus ini bertujuan untuk membunuh bakteri di kulit sehingga mengurangi risiko infeksi setelah operasi Caesar.

Sabun khusus ini bisa didapatkan dari dokter atau dibeli di apotek.

3. Jangan mencukur
Jangan mencukur bulu atau rambut di area perut maupun kemaluan. Mencukur dengan pisau dapat menimbulkan goresan kecil pada kulit yang dapat menyebabkan infeksi setelah melahirkan. 

Jika mencukur rambut memang diperlukan, perawat akan menggunting dengan gunting khusus di rumah sakit saat operasi Caesar.

4. Menutup bekas luka
Diskusikan dengan dokter bagaimana sebaiknya menutup luka agar tak kena air dan debu. Ada berbagai metode untuk menutup luka yang disesuaikan dengan jenis sayatan kulit, karakteristik tubuh, dan preferensi pasien.

Menutup luka dapat dilakukan dengan staples, jahitan, atau lem.

5. Manajemen rasa sakit
Diskusikan dengan dokter cara untuk mengontrol nyeri dan rasa sakit setelah operasi Caesar. Misalnya, pilihan obat yang akan digunakan seperti melalui kategee epidural atau tulang belakang, dan obat-obatan IV yang diberikan sesuai dosis yang dijadwalkan.



6. Diskusikan manajemen nyeri
Ada banyak pilihan untuk mengontrol dan mengurangi rasa sakit setelah operasi Caesar. Opsi yang tersedia diantaranya obat-obatan yang dikirim melalui kateter epidural atau tulang belakang, dan obat-obatan IV diberikan sesuai dosis yang dijadwalkan atau secara terus menerus.

Persiapan yang matang mesti dilakukan sebelum operasi caesar agar tindakan dapat berjalan lancar dan mengurangi risiko infeksi dan komplikasi.




(ptj/chs)