6 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit

Tim, CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 13:00 WIB
6 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Salah satu manfaat serum vitamin C ialah memudarkan pigmentasi dan mengatasi warna kulit yang 'belang' sehingga membuat warna kulit lebih merata. (Foto: Istockphoto/ PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vitamin C tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kini, vitamin C juga digunakan dalam produk perawatan kulit, melalui lotion hingga serum. Serum vitamin C dapat membantu kulit terlihat awet muda dengan bermacam cara.

Serum vitamin C memberikan manfaat langsung ke kulit, berbeda dengan vitamin C dari makanan yang perlu dicerna dan diserap terlebih dahulu. Hanya saja, manfaat vitamin C dari buah dan sayuran dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Serum vitamin C umumnya aman digunakan pada semua jenis kulit. Studi menunjukkan, penggunaan serum vitamin C dalam jangka waktu yang lama tidak memiliki reaksi yang merugikan. Namun, dalam kasus yang jarang sekali, orang yang memiliki kulit hipersensitif dapat mengalami iritasi ringan, seperti kulit gatal dan merah.



Selain itu, serum vitamin C juga relatif aman untuk digunakan bersamaan dengan skincare berbahan aktif lainnya seperti retinol, SPF, dan asam alfa hidroksi.

Berikut manfaat serum vitamin C bagi kulit.

1. Melembabkan kulit

Dikutip dari Health Line, turunan vitamin C yang terdapat pada serum terbukti memiliki efek hidrasi pada kulit. Kandungan itu dapat membuat kulit menyimpan kandungan air lebih banyak sehingga kelembapan kulit jadi lebih baik.

2. Mencerahkan kulit

Vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak muda. Vitamin C juga bisa memudarkan pigmentasi dan mengatasi warna kulit yang 'belang' sehingga membuat warna kulit lebih merata. Pigmentasi merupakan salah satu penyebab kulit tampak kusam.

3. Mengurangi kemerahan kulit

Serum vitamin C membantu mengobati kondisi kulit yang meradang atau inflamasi, penyebab kulit kemerahan.

4. Mengurangi kantung mata

Serum vitamin C bermanfaat menghaluskan garis-garis di area bawah mata. Selain itu, vitamin C juga membantu mengurangi perubahan warna gelap di area kantung mata.

5. Meningkatkan produksi kolagen

Vitamin C dapat memicu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen merupakan protein alami yang membantu kulit tetap awet muda. Kadar kolagen yang rendah menyebabkan garis-garis halus dan kerutan cepat muncul. Kolagen juga dapat menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, membuat kulit terasa lebih kenyal.


6. Melindungi dari sinar matahari

Manfaat serum vitamin C juga dapat membantu melindungi kulit akibat kerusakan sinar matahari, seperti kulit terbakar, penggelapan, hingga risiko kanker kulit. Vitamin C juga kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas yang dipicu oleh sinar matahari.

[Gambas:Video CNN] (ptj/ayk)


BACA JUGA