Cara Melindungi Diri dari Serangan Beruang

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 20:38 WIB
Cara Melindungi Diri dari Serangan Beruang Ilustrasi. Beruang akan menyerang manusia saat merasa lapar dan terancam. (Istockphoto/Appfind)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seekor beruang madu menyerang warga Desa Padang Biru, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada Senin (2/12). Korban bernama Nawandri itu tewas akibat serangan tersebut.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Baturaja BKSDA Sumsel mengatakan, kemungkinan besar penyerangan terjadi karena korban yang tak sengaja berhadapan dengan beruang yang sedang mencari makan.

Pada kondisi normal, beruang sebenarnya tidak akan menyerang manusia. Beruang justru cenderung menghindar saat bertemu manusia.


Namun, cerita akan berbeda jika beruang yang dihadapi tengah merasa terancam atau kelaparan. Dalam kondisi itu, beruang tak akan ragu untuk menyerang.

Agar selamat saat tak sengaja berhadapan dengan beruang, beberapa cara bisa dilakukan. Berikut mengutip Mother Nature Network.

1. Jangan mengendap-ngendap
Saat ada beruang di sekitar Anda, buat lah suara seperti dengan berbicara, bernyanyi, atau bertepuk tangan. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan beruang tentang keberadaan Anda.

Jika Anda memasuki wilayah beruang secara diam-diam, beruang akan menganggap Anda sebagai ancaman dan malah menyerang Anda.

Namun, Anda tetap harus melakukannya dengan hati-hati. Jangan sampai apa yang Anda buat membikin gaduh hingga beruang merasa terganggu atau terancam.

2. Tetap tenang
Coba lah untuk tetap tenang saat berhadapan dengan beruang. Jika Anda panik dan menjerit, beruang malah akan merasa terancam dan menyerang Anda.

Jangan khawatir jika beruang berdiri. Biasanya berdiri menjadi tanda bahwa dia merasa penasaran dengan keberadaan Anda.

Mundur perlahan dengan tenang. Jika beruang mengikuti Anda, berhenti lah di tempat dan pastikan Anda siap dengan semprotan pengusir beruang dari merica untuk berjaga-jaga.

3. Lindungi diri
Jika beruang memperlihatkan tanda-tanda akan menyerang, berbaring lah ke tanah dengan posisi tengkurap untuk melindungi perut dan jangan bergerak.

Anda juga bisa melakukan posisi meringkuk dengan kedua lutut dirapatkan di bawah dagu. Pastikan Anda meletakkan tangan di belakang leher untuk melindungi diri dari serangan.

4. Lawan beruang
Dibandingkan dengan diam saja, sebenarnya akan lebih baik jika Anda membela diri saat beruang menyerang. Anda bisa memanfaatkan benda sekitar untuk menangkis beruang. Jika tak ada benda yang bisa dimanfaatkan, Anda bisa memukul atau menendang hidung beruang.

Terus buat suara yang keras dan berani. Lakukan apa pun untuk menakut-nakuti beruang, tapi usahakan untuk tetap fokus pada area sensitif beruang.

5. Jangan memancing kedatangan beruang
Beruang memiliki indera penciuman yang kuat. Saat berkemah, pastikan untuk mengemas semua makanan dengan baik sehingga tak mengeluarkan bau. Bau makanan dan sampah adalah magnet utama yang akan mengundang beruang ke area berkemah Anda.

[Gambas:Video CNN] (aul/asr)


ARTIKEL TERKAIT