Restoran Inggris Sajikan Steak Khusus untuk Perempuan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 16:27 WIB
Restoran Inggris Sajikan Steak Khusus untuk Perempuan Ilustrasi. Sebuah restoran di Inggris dinilai mendiskriminasi perempuan karena menyediakan menu steak khusus untuk kaum hawa dengan porsi yang berbeda. (morgueFile/ManicMorFF)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah restoran di Liverpool, Inggris, dikritik lantaran menjual seporsi steak khusus untuk perempuan. Restoran dinilai mendiskriminasi kaum hawa karena menyediakan steak untuk perempuan dengan porsi yang berbeda.

Sajian menu bernama 'Ladies Fillet' itu hadir dengan daging seberat 8 ons. Ukuran ini 2 ons lebih kecil dari yang disajikan dalam 'Fillet Steak'.

Restoran membanderol steak untuk perempuan dengan harga 18,95 poundsterling atau sekitar Rp335 ribu. Sementara Fillet Steak dibanderol seharga 24,95 poundsterling atau sekitar Rp442 ribu.


Daftar menu Manhattan Bar and Grill itu mendadak viral setelah diunggah oleh pemilik akun Twitter @PlanetVicster. Unggahan itu memicu respons netizen yang mengolok-ngolok keputusan restoran untuk membuat hidangan khusus perempuan.



"Level baru dalam diskriminasi perempuan," tulis pemilik akun @Naz_Faulkner mengomentari.

Menanggapi reaksi tersebut, Direktur Pelaksana Manhattan Bar and Grill, Karl Hassan mengatakan bahwa para pelanggan tak keberatan dengan menu 'Ladies Fillet'.

"Kami memberi pelanggan wanita apa yang mereka inginkan. Mereka menginginkan steak fillet yang lebih kecil, kami memberikannya pada mereka," ujar Hassan, mengutip The Independent.

Sementara urusan penamaan menu, Hassan mengaku terinspirasi dari ajang balap kuda Grand National Inggris yang bakal digelar di Liverpool pada April mendatang.

"Grand National mengadakan Ladies Day, Manhattan and Grill punya Ladies Fillet," kata Hassan.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)