Kilas NYFW: 6 'Highlight' Pekan Mode AS 2020

tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 14:40 WIB
Kilas NYFW: 6 'Highlight' Pekan Mode AS 2020 Meski dihantui virus corona namun ada beberapa higlight dari penyelenggaraan pekan mode New York Fashion Week beberapa waktu lalu. (AP Photo/Chris Pizzello)
Jakarta, CNN Indonesia -- New York Fashion Week (NYFW) sudah selesai digelar. Kini giliran London Fashion Week (LFW) yang dimulai.

Meski dihantui virus corona namun ada beberapa higlight dari penyelenggaraan pekan mode dunia pertama di 2020 beberapa waktu lalu. 

Berikut hal yang menarik selama New York Fashion Week


1. Tom Ford memindahkan shownya ke LA, dengan dipenuhi bintang-bintang Hollywood

Tom Ford yang merupakan presiden Council of Fashion Designers of America memindahkan shownya ke Los Angeles agar dapat mengundang selebriti untuk menghadiri shownya.

Sederet nama-nama A-List yang hadir adalah Jennifer Lopez, Miley Cyrus, Jeff Bezoz, Tracee Ellis Ross, Lil Nas X, Renée Zellweger, Demi Moore. Koleksi yang terinspirasi dari sebuah foto Baron Alexis de Waldner dan model Donna Mitchell di tahun 1967 karya Bob Richardson terasa sangat LA, dengan kombinasi sensasi glamor dan tidak terlalu serius.

Ford juga memindahkan lokasi shownya demi berdekatan dengan area penyelenggaraan Oscar 2020.

Koleksi Tom FordFoto: (AP Photo/Chris Pizzello)
Koleksi Tom Ford


2. Rudy Guilliani duduk di baris depan fashion show NYFW

Mengutip Page Six, Pengacara pribadi Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Rudy Giuliani, terlihat menghadiri fashion show Zang Toi, dan duduk di barisan depan bersama David Webb. Terlihat juga mantan istri sang presiden, Marla Maples, yang juga menghadiri fashion show ini.


3. Kolaborasi Pornhub dengan label fesyen

Label asal Jerman Namilia, yang digawangi desainer Nan Li dan Emilia Pfohl, menggandeng bintang film porno Asa Akira, Marica Hase, dan Jade Kush untuk show terkini mereka di NYFW. Show ini disponsori oleh Pornhub, situs film dewasa terbesar di dunia.

4. Absennya desainer besar seperti Ralph Lauren dan Tommy Hilfiger

Ralph Lauren memutuskan untuk tidak mengadakan fashion show, sementara Tommy Hilfiger menunda shownya di New York dan memilih mengadakan show di London Fashion Week, yang dimulai hari ini (13/2).

5. Virus corona menjadi tantangan bagi beberapa desainer

Desainer label Luooif Studio, Lena Luo dan kolaborator Eckee Chan, menutup show mereka melalui videostream, dikutip dari New York Times. Keduanya tidak diperbolehkan memasuki teritori Amerika Serikat akibat penyebaran virus di China. Bahkan, pakaian yang akan mereka tampilkan di NYFW juga tertahan di bandara, dan memaksa mereka menunda show selama beberapa hari. Ketika akhirnya show mereka di New York selesai, mereka menyapa para tamu undangan melalui konferensi video.


6. Marc Jacobs menutup NYFW dengan koleksi yang teatrikal

Momen yang mengejutkan itu bisa saja dilewatkan oleh para tamu undangan, karena runway dipenuhi oleh para penari. Hal ini mirip dengan shownya di tahun 2016, ketika diam-diam Lady Gaga muncul dan bergabung dengan para model. Miley Cyrus terlihat mengenakan atasan bra dan celana panjang berwarna hitam, lengkap dengan jaket Zebra print dan sarung tangan kulit.


(fdi/chs)