FOTO: Pemandangan Langka Taman Nasional Baluran Menghijau

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 11:09 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di musim hujan, Sabana Bekol di TN Baluran yang biasanya kuning mengering terlihat bak hamparan permadani nan menghijau.

Pemandangan serba hijau di Taman Nasional Baluran yang berada di antara Situbondo dan Banyuwangi, Jawa Timur, juga tak kalah indah dengan pemandangan kuning yang terjadi saat musim kering di sana. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Di musim hujan, Sabana Bekol di Taman Nasional Baluran yang biasanya kuning mengering terlihat bak hamparan permadani nan menghijau. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Bagi yang tak tahan panas, mengunjungi Taman Nasional Baluran di musim hujan juga bakal merasakan suhu yang lebih teduh. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Hewan yang menghuni Taman Nasional Baluran di antaranya banteng, kerbau liar, kijang, rusa, macan tutul, kancil, dan kera. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran, yakni sekitar 40 persen dari total luas lahannya 25 hektare. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tiga kilometer dari Sabana Bekol terdapat Pantai Bama. Pantai dengan hamparan pasir putih ini cocok untuk bersantai sambil menanti senja. Di sekitar Pantai Bama juga terdapat Hutan Mangrove yang tenang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Salah satu kekurangan berkunjung di musim hujan ialah satwa liar sedikit sulit ditemui di Sabana Bekol, karena ada banyak kubangan air di tengah hutan. Namun saat sore mereka biasanya keluar hutan untuk bercengkrama di tengah sabana. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Taman nasional seluas 25 hektare ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. ditumbuhi sekitar 444 jenis tumbuhan dan 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)