Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer Gel Sendiri di Rumah

tim, CNN Indonesia | Selasa, 03/03/2020 09:42 WIB
Membuat hand sanitizer sebenarnya tak sulit. Namun hand sanitizer sebaiknya digunakan untuk membersihkan tangan ketika tidak punya akses ke sabun dan air. Membuat hand sanitizer sebenarnya tak sulit. Namun hand sanitizer sebaiknya digunakan untuk membersihkan tangan ketika tidak punya akses ke sabun dan air.(Istockphoto/Saturated)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mencuci tangan dengan sabun dan air hangat masih merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kuman dan terhindar dari virus corona. Hanya saja terkadang Anda seringkali kesulitan untuk mencari tempat untuk mencuci tangan dengan sabun. Pilihan lainnya, Anda bisa menggunakan cairan pembersih tangan. Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sebagai catatan, hand sanitizer sebaiknya hanya digunakan untuk membersihkan tangan ketika Anda tidak memiliki akses ke sabun dan air. Cairan pembersih tangan juga sebaiknya tidak digunakan terlalu sering.

Untuk membuat cairan pembersih tangan sendiri, berikut ini bahan-bahan yang Anda perlukan, seperti yang dilansir WikiHow


2/3 cangkir alkohol gosok (isopropyl alcohol
1/3 cangkir jel lidah buaya
1/2 sdt minyak vitamin E (opsional)
8-10 tetes minyak esensial, seperti lavender, peppermint, atau lemon


Campurkan semua bahan dalam wadah tertutup hingga rata. Jika terlalu encer, tambahkan jel lidah buaya. 

Kandungan alkohol dalam alkohol gosok dan vodka diklaim membunuh sebagian besar bakteri dan beberapa virus, sedangkan minyak lidah buaya dan vitamin E membantu menjaga kulit Anda tetap lembap.

Beberapa minyak esensial, seperti pohon teh dan lavender, dilaporkan memiliki sifat antibakteri dan antivirus, meskipun Anda harus menggunakannya dengan hati-hati dan melakukan tes tempel untuk alergi terlebih dahulu.


Selain memiliki fungsi antiseptik, essential oil berguna untuk menetralisir bau dari alkohol. Tambahkan essential oil bila Anda menginginkan aroma yang lebih kuat. Jika tidak suka dengan lavender, daun mint, atau lemon, essential oil seperti tea tree juga bisa dipakai.

Hanya saja, Anda juga tak bisa mengandalkan hand sanitizer sepenuhnya. Lebih baik mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan menggosoknya dengan benar sesuai yang disarankan WHO untuk mencegah penyebaran virus corona.

Catatan: Berhati-hatilah saat membuat dan mencampurkan semua bahannya dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Semua bahan bisa didapatkan di pasaran.  (chs/chs)