Cara Menjaga Kebersihan di Tempat Kerja saat Pandemi Corona

Tim, CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 09:20 WIB
Celah keyboard hingga gagang pintu kantor bisa jadi tempat bersarang virus dan bakteri. Itu sebab penting memastikan semuanya bersih. Ilustrasi: Celah keyboard hingga gagang pintu kantor bisa jadi tempat bersarang virus dan bakteri. Di tengah pandemi corona, penting untuk memastikan seluruh perkakas di lingkungan kerja. (Foto: KaboomPics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan status infeksi virus corona (Covid-19) sebagai pandemi pada Rabu (11/3) waktu Jenewa. Pandemi berarti sebuah penyakit menjangkit ke lebih banyak orang di hampir seluruh dunia dalam waktu bersamaan.

Saat pandemi berlangsung, salah satu yang penting diperhatikan adalah kebersihan di tempat kerja. Sebab sebagian aktivitas keseharian dilakukan di lokasi kerja.

Kantor, menjadi salah satu tempat bersembunyinya virus dan bakteri. Mulai dari celah di keyboard, tombol lift, hingga gagang pintu. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bersama Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) mengeluarkan sejumlah rekomendasi untuk menjaga kebersihan diri dan tempat kerja selama pandemi corona.


Berikut cara menjaga kebersihan di tempat kerja saat pandemi corona, dikutip dari CNN.


1. Bersihkan tempat kerja
Sebelum memulai kerja selalu bersihkan tempat kerja dengan menggunakan desinfektan atau pembersih yang sudah disetujui. Bersihkan meja, mouse komputer, telepon kantor, dan benda atau permukaan lain. Berikan perhatian ekstra pada benda yang paling sering disentuh.

Cara mendisinfeksi yang benar adalah alat permukaan harus tetap basah dalam jangka waktu 3-5 menit untuk memastikan kuman sudah mati.

2. Cuci tangan secara berkala
Mencuci tangan adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Rajinlah mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah memegang gagang pintu, setelah memegang banyak tumpukan kertas, dan setelah dari toilet.

Pastikan mencuci tangan selama 20 detik dengan sabun yang mengandung antiseptik dan air mengalir.

Cara Menjaga Kebersihan di Tempat Kerja saat Pandemi CoronaFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian


3. Hand sanitizer ketika sabun dan air tidak ada
Gunakan hand sanitizer sebagai alternatif hanya jika sabun tidak ada. Misalnya, saat di tengah rapat, dalam perjalanan atau, keadaan kerja yang tak bisa ditinggalkan.

4. Ganti rutinitas jabat tangan
Sebaiknya ganti rutinitas jabat tangan dengan kolega di tempat kerja. Virus corona bisa berpindah dengan berjabat tangan.

Jangan ragu menolak jabat tangan karena dianggap tidak sopan. Ada banyak cara untuk menyapa dan menyampaikan hormat seperti menyatukan kedua telapak tangan sendiri dan membungkuk.


5. Membersihkan telepon genggam
Jangan lupa untuk membersihkan telepon genggam. Telepon genggam merupakan benda yang paling sering disentuh bahkan saat di tempat kerja.

Mengelap telepon pintar dengan tisu basah atau sabun dapat menghilangkan bakteri dan virus. Gosoklah bagian telepon genggam untuk membunuh kuman.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/NMA)