7 Tips Merawat Kulit Selama Work From Home

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 17:19 WIB
7 Tips Merawat Kulit Selama Work From Home Ilustrasi: Kerja dari rumah mengubah sejumlah kebiasaan harian Anda dan menjadikan kulit Anda rentan bermasalah. Perhatikan sejumlah hal untuk mencegah problem tersebut menghampiri. (Foto: Istockphoto/Wavebreakmedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kerja dari rumah (work from home) dan menjaga jarak fisik hubungan sosial (social distancing) di tengah menghadapi pandemi corona mengubah beberapa aspek hidup. Mulai dari aktivitas fisik hingga asupan ke tubuh.

Misalnya, jika biasanya makan di luar sepulang kantor, kini mungkin memilih memasak di rumah. Atau, jika dalam sehari Anda bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain, untuk sementara ini harus menetap di rumah.

Perubahan tersebut tak pelak mempengaruhi bagian tubuh, salah satunya kulit. Sebagian dari Anda belum tentu detail memperhatikan paparan kulit akan cahaya atau udara segar. Pelbagai perubahan bisa membuat kulit bermasalah seperti jerawat atau kulit terlalu kering.


Untuk melawan deretan masalah kulit, sebaiknya Anda menyimak cara-cara sederhana berikut.


1. Turunkan kadar stres
Di tengah menghadapi wabah virus Covid-19 kali ini, orang tak hanya ditantang kondisi kesehatan fisiknya melainkan juga mental. Social distancing rentan membuat orang kesepian karena terpaksa untuk sementara berjarak dengan orang-orang terkasih.

Stres dan cemas bisa mengakibatkan jerawat (breakout) dan penuaan dini. Penting untuk menjaga kesehatan mental sebagai bagian dari perawatan buat kulit. Anda bisa meditasi atau mengikuti kelas meditasi dari media sosial, memilah asupan informasi dan minum teh yang bisa melepas ketegangan seperti teh chamomile, teh peppermint atau teh hijau.

2. Asupan makanan bergizi
Social distancing memaksa sebagian restoran mengurangi jam operasional atau tutup sementara. Bakal terasa sulit bagi mereka yang mengandalkan menu-menu restoran untuk memasok asupan gizi.

Anda bisa mulai memasak sendiri dengan bahan-bahan yang kini mudah diperoleh dari toko sayur online. Pastikan asupan makanan Anda memenuhi kebutuhan gizi buat tubuh sehingga kulit pun memperoleh manfaatnya.

Coba olah pelbagai jenis ikan berlemak, sayuran hijau, blueberry, walnut, dan jenis kacang-kacangan lain.

7 Tips Merawat Kulit Selama Work From HomeFoto: wuzefe/Pixabay


3. Tetap terhidrasi
Asupan air dan kesehatan kulit memang masih jadi perdebatan. Namun tak ada yang lebih baik dari air putih. Asupan air yang cukup pun bisa menjauhkan Anda dari masalah kulit termasuk jerawat. Cukupi kebutuhan air paling tidak sebanyak 8 gelas per hari.

4. Hindari alkohol
Sebagian orang beroleh kenikmatan saat mengonsumsi minuman fermentasi di tengah situasi sekarang. Diam di kamar setelah seharian bekerja, minuman fermentasi terasa bisa mengangkat stres dan lelah.

Akan tetapi Anda harus ingat, konsumsi alkohol justru membuat kulit jadi bermasalah. Batasi atau bahkan hindari mengonsumsi minuman beralkohol agar kulit bebas masalah seperti jerawat dan tanda penuaan.

5. Tetap aktif
Anda tetap bisa aktif meski tidak ke gym atau berolahraga bersama rekan-rekan kerja seperti biasa. Kerja dari rumah justru jadi kesempatan buat melakukan banyak aktivitas baik sambil kerja atau setelah kerja.

Selingi kerja dengan aktivitas peregangan atau jalan kaki di sekitar halaman rumah. Sediakan waktu 10-20 menit setelah kerja untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana.

7 Tips Merawat Kulit Selama Work From HomeFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Olahraga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke wajah sehingga meningkatkan kondisi kulit dan membuatnya berkilau.

6. Cukup tidur
Atur waktu dan tegas pada diri sendiri karena kadang kerja dari rumah bisa rentan jam kerja berlebih. Anda musti menyediakan cukup waktu untuk tidur.

Melansir dari Philly Voice, selama tidur tubuh dalam mode regenerasi dan konstruksi juga memproduksi kolagen. Setidaknya orang dewasa memerlukan 7-9 jam untuk tidur.

7. Hindari menyentuh muka
Kerja dari rumah artinya Anda bisa bekerja dengan wajah polos tanpa polesan make up. Meski demikian, hendaknya Anda menghindari menyentuh muka. Tak hanya menyoal virus corona, menyentuh muka bisa mentransfer bakteri dari tangan ke muka. Bakteri kemudian bercampur kotoran dan minyak lalu menutup pori.


[Gambas:Video CNN]


(els/NMA)