FOTO: Mencari Tenang dan Sehat Lewat Yoga Online

AFP PHOTO, CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 15:24 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Berdiam di rumah bukan berarti membiarkan otot-otot berkarat. Penduduk Hong Kong membuktikannya dengan menjaga imunitas lewat yoga online.

Alison Yuen, 32, seorang warga negara Singapura yang tengah bermukim di Hong Kong, bersiap untuk memutas video latihan kebugaran di gawainya. (Photo by Anthony WALLACE / AFP)
Sementara di suatu rumah lainnya di Pulau Lantau, Chaukei Ngai yang merupakan pendiri startup YogaUP menyapa murid-muridnya lewat layar laptop sebelum memulai kelas yoga online. (Photo by Anthony WALLACE / AFP)
Kelas yoga online memang menjadi alternatif bagi penduduk Hong Kong --dan jutaan orang di seluruh dunia-- yang tengah mengarantina diri di rumah saat wabah corona. (Photo by Anthony WALLACE / AFP)
Berlatih yoga bukan hanya menguatkan daya tahan tubuh terhadap virus corona, tapi juga bisa membersihkan pikiran dari kecemasan yang mungkin muncul di masa-masa krisis seperti pandemi corona. (Anthony WALLACE / AFP)
Peralatannya cukup sederhana: laptop atau telepon genggam, alas yoga, serta ruangan yang luasnya cukup untuk menjaga jarak dari orang lain agar terhindar dari penyebaran virus corona. (Photo by Anthony WALLACE / AFP)
Di masa-masa ketika banyak orang kehilangan pekerjaan karena wabah corona, banyak dari instruktur yoga yang membuka kelas mereka secara gratis. Namun ada pula yang membuka donasi agar mereka tetap mendapat pemasukan ketika studio yoga ditutup. (Photo by Anthony WALLACE / AFP)
Beberapa instruktur yoga menggunakan aplikasi zoom yang membuat mereka tetap bisa menjadi pusat perhatian di tengah murid-murid yang terhubung berbarengan. Instruktur lain memberikan rekaman video serta daftar lagu penunjang di spotify. (Anthony WALLACE / AFP)
Yoga online memiliki beberapa keterbatasan di antara lain para instruktur kesulitan untuk membenarkan pose yang salah. Namun, yoga online tetap bisa membantu murid-muridnya mengurangi tingkat stress dan mempertahankan kejernihan mental. (Photo by Anthony WALLACE / AFP)