Cara Melatih Diri untuk Tak Menyentuh Wajah demi Cegah Corona

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 14:37 WIB
Menyentuh wajah tanpa memastikan kebersihan tangan, berpotensi menularkan virus. Ada tips melatih diri agar tak sering menyentuh wajah. Ilustrasi: Menyentuh wajah tanpa memastikan kebersihan tangan, berpotensi menularkan virus. Ada tips melatih diri agar tak sering menyentuh wajah. (Foto: Istockphoto/ Andresr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak menyentuh wajah adalah salah satu cara untuk mencegah infeksi virus corona (Covid-19). Namun bagi sebagian orang, menyentuh wajah sudah menjadi kebiasaan. Tapi Anda tak perlu khawatir, berikut cara melatih diri agar tangan tak sering-sering menyentuh wajah.

Ada sejumlah alasan yang membuat orang kerap menyentuh wajah. Mulai untuk mencukur, gerakan dan ekspresi, menggaruk, hingga untuk menenangkan diri. Sebuah studi mendapati rata-rata orang menyentuh wajah sebanyak 23 kali dalam satu jam.

Menyentuh wajah berisiko terkena infeksi virus corona. Pasalnya, tangan dapat menjadi tempat virus berada. Sedangkan, pada zona T di wajah yakni mulut, hidung, dan mata merupakan tempat masuknya virus corona ke dalam tubuh.


Oleh karena itu, agar virus tidak menginfeksi tubuh, berikut sejumlah cara melatih diri agar tangan tidak menyentuh wajah.


1. Tangan selalu di bawah bahu
Direktur Centre of Behaviour Change di University College London, Susan Michie menyarankan Anda untuk selalu sadar dan berupaya menjaga tangan berada di bawah bahu setiap saat.

Michi juga meminta setiap orang untuk menahan keinginan menyentuh wajah.

2. Counter-habit atau melawan
Profesor kesehatan psikologi Robert West merekomendasikan strategi yang dikenal dengan counter-habit atau melawan keinginan.

Strategi ini dilakukan ketika menyadari tangan mulai bergerak ke atas atau area wajah.

"Pemicunya adalah memperhatikan tangan Anda bergerak ke wajah. Saat itu terjadi, alihkan tangan untuk menggaruk bagian lain, misalnya kepala atau bagian belakang kepala," kata West, dikutip dari CNN.


3. Memakai pewangi di tangan
West juga menyarankan orang untuk menggunakan aroma atau pewangi pada tangan. Strategi ini akan membuat orang mudah menyadari bahwa tangan mereka mulai mendekati area hidung atau wajah.

Ketika tersadar saat tangan mulai mengarah ke wajah, segera alihkan tangan pada area lain.

4. Menanamkan pola pikir
Tanamkan di pikiran bahwa menyentuh wajah adalah berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi virus dan berbagai penyakit lainnya. Ingat pula dampak yang bakal didapat saat menyentuh wajah.

Dengan begitu, seseorang dapat lebih sadar untuk tidak menyentuh wajah.

5. Gunakan alat lain
Jika gatal tak bisa dihindarkan, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik untuk membunuh kuman dan virus sebelum menyentuh wajah.

Alternatif lain adalah menggunakan alat lain seperti penggaruk untuk menyentuh wajah saat terasa gatal. Namun, pastikan alat tersebut sudah bersih dan sudah didisinfeksi.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/NMA)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK