5 Hal yang Salah Kaprah dari Makanan Nabati

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 23/04/2020 05:20 WIB
Sebagian orang keliru dan beranggapan bahwa makanan nabati cenderung mahal. Kenali beberapa mitos yang kadung menyebar soal ini. Ilustrasi: Sebagian orang keliru paham dan beranggapan makanan nabati cenderung mahal. Kenali beberapa mitos yang kadung menyebar soal ini. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada banyak kesalahan dan mitos yang berkembang tentang makanan nabati atau makanan yang berasal dari tumbuhan. Sering kali mitos ini menghambat seseorang untuk makan makanan nabati, sehingga tak bisa mendapatkan nutrisi yang kaya dari tumbuhan.

Makanan nabati mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh yang tak bisa didapatkan dari makanan hewani atau bersumber dari hewan dan juga makanan olahan.

Berikut lima kesalahan dan mitos tentang makanan dari tumbuhan.


1. Sulit mendapatkan protein dari makanan nabati
Anggapan ini hanya mitos belaka. Dari makanan nabati, Anda tetap bisa mendapatkan protein yang cukup. Terdapat banyak makanan nabati yang mengandung protein, diantaranya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian.

"Anda tetap bisa mendapatkan protein yang cukup pada pola makan nabati, tetapi butuh sedikit perencanaan," kata ahli gizi Daily Harvest, DJ Blatner, dikutip dari Pop Sugar.

2. Makanan dari tumbuhan pasti sehat
Memakan-makanan dari tumbuhan bukan berarti otomatis langsung sehat. Variasi makanan yang seimbang tetap dibutuhkan untuk mendapatkan nutrisi yang beragam bagi tubuh.

Makanan nabati yang sehat juga harus diolah dengan cara yang sehat pula agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak terbuang sia-sia.

3. Makanan dari tumbuhan tidak punya asam amino esensial
Makanan nabati juga mengandung asam amino esensial, sama seperti pada hewan.

"Protein nabati memiliki semua asam amino yang sama dengan protein hewani, baik esensial maupun non-esensial," kata ahli diet MIND, Maggie Moon.

4. Makanan nabati mahal
Seringkali, jajanan seperti salad buah dan sayur terdengar mahal dan membuat kita berpikiran makanan nabati sudah pasti mahal.

Namun, faktanya harga produk hewani seperti daging lebih mahal ketimbang sayur dan buah. Hanya saja, barang yang sudah dikemas oleh restoran dijual lebih mahal.

Untuk menghemat biaya, Anda dapat membuat makanan nabati dengan harga yang lebih murah dengan membelinya langsung di pasar.

5. Harus meninggalkan makanan lain
Banyak pula anggapan yang muncul saat memakan makanan nabati, berarti tak boleh mengonsumsi makanan lain yang tidak sehat.

Anda tetap boleh mengonsumsi makanan lain dengan porsi yang tetap dijaga dan tidak berlebihan. Makanan favorit justru baik untuk kesehatan mental meskipun tidak memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. (ptj/NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK