FOTO: Sunyi Sepi Everest Sang Gunung Tertinggi

AFP PHOTO, CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 09:59 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan hanya jalanan di kota-kota dunia yang mendadak kosong karena corona, puncak gunung Everest pun kini tak lagi dikunjungi.

Gambaran umum Namche Bazaar, perhentian terakhir sebelum mencapai base camp. Bayangan gunung tertinggi di dunia itu terlihat megah di depan. (Photo by PRAKASH MATHEMA / AFP)
Pesawat pribadi bersiap lepas landar dari bandara Tenzing-Hillari di Lukla, 140 kilometer dari Kathmandu. Saat ini Nepal sendiri sedang mengunci diri dari pendatang untuk mencegah wabah corona menyebar ke dalam negeri. (Photo by Prakash MATHEMA / AFP)
Para pendaki memeriksakan diri di bagian kedatangan di bandara Tenzing-Hillary. Bukan hanya Nepal dan Everest, seluruh tempat-tempat wisata di dunia pun dalam dua bulan terakhir ditinggal oleh para wisatawan. (Photo by Prakash MATHEMA / AFP)
Sejak pertengahan Maret lalu pemerintah Nepal telah mencabut izin pendakian serta melarang turis asing datang. Akibatnya, pemasukan negara yang berkisar US$4,4 juta dari industri pariwisata pun terancam menguap ke udara. (Photo by Prakash MATHEMA / AFP)
Keledai-keledai yang biasanya hilir mudik membawa barang para pendaki kini perlahan diistirahatkan. Bukan hanya pemerintah Nepal yang merugi, agen-agen perjalanan dan pendakian pun terancam gulung tikar. (Photo by PRAKASH MATHEMA / AFP)
Hingga 8 April ini terdapat sembilan kasus positif Covid-19 di Nepal, dengan tak ada korban jiwa. Para penduduk pun kini menggunakan masker untuk mencegah penularan corona. (Photo by PRAKASH MATHEMA / AFP)
Seorang pria berdiri di jalanan kosong dekat toko-toko yang tutup di Namche Bazar. Selain menutup diri dari turis asing, Nepal juga menerapkan lockdown total di seluruh di negeri. (Photo by PRAKASH MATHEMA / AFP)
Dua orang pria berjalan di jalur pendakian yang sepi ditinggal pengunjung. (Photo by PRAKASH MATHEMA / AFP)